by

BUPATI PASAMAN BACAKAN SAMBUTAN MENTERI AGAMA RI DI HAB ke 77

irup

PASAMAN,detikperistiwa.comSerempak seluruh nusantara Aparatur Sipil Negara (ASN)  Kementerian Agama mengikuti upacara peringatan hari amal bhakti (HAB) ke 71 yang jatuh hari ini Selasa (3/1).

Di Pasaman, upacara yang dilangsungkan di Halaman MTsN Lubuk Sikaping berlangsung khidmat meski sedikit terlambat dari waktu yang dijadwalkan akibat hujan yang mengguyur bumi saiyo sejak kemarin hingga pagi menjelang upacara dilaksanakan.

Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis yang bertindak selaku Pembina upacara membacakan sambutan Menteri Agama RI H. Lukman Hakim Shaifuddin.

Sekelumit dalam sambutan tersebut Menag berharap dalam memperingati ulang tahun Kemenag ini semakin memperkuat komitmen ASN terhadap integritas dan etos kerja sebagai pelayan masyarakat dan pengayom semua umat beragama. Seluruh jajaran ASN harus senantiasa mengembangkan wawasan serta meningkatkan keterampilan dan kesigapan dalam bertugas. Ego sektoral, sektarianisme dan sejenisnya harus disingkirkan dari lingkungan kerja Kemenag.

Lanjutnya, ASN Kemenag juga harus bersikap sebagai agamawan sekaligus negarawan yang menempatkan kepentingan umat dan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok. Di tengah cepatnya perubahan sosial dan pesatnya teknologi informasi, harus menjadi pelayan publik yang dapat diandalkan.

Di luar sambutan, Yusuf Lubis juga turut menitipkan amanah kepada jajaran Kemenag ranah Pasaman untuk berperan serta membangun daerah dan masyarakat  dari segi agama dan keagamaan. Bersama-sama membawa ranah berwarna kemajemukan ini ke arah kesejahteraan, masyarakat yang agamis dan berbudaya.

Nada yang serupa ditekankan Kepala Kankemenag Kabupaten Pasaman H.Abdel Haq, momentum HAB kali ini dapat membawa peningkatan yang baik dari sebelumnya. Menurutnya, Kemenag merupakan instansi vertikal yang diharuskan bermanfaat dan dirasakan keberadaannya bagi masyarakat.

Sesuai amanah Menag, Abdel Haq mengatakan semakin bertambahnya usia Kemenag hendaknya semakin baik pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Menjadikan kementerian ini lebih dekat dengan umat seiring tema yang digemakan pada HAB tahun ini.

Pak Menag telah menyampaikan, bersyukur publik telah memberikan nilai positif atas kinerja yang dilakukan, tukasnya.

Disambungnya, ini dibuktikan dengan sebagian besar program telah mulai memenuhi harapan sehingga

Kinerja dianggap cukup baik dalam sejumlah survei. Indeks kepuasan jemaah haji terus naik, indeks kerukunan umat beragama juga masih tinggi, dan indeks reformasi birokrasi turut naik peringkat dari C menjadi B yang berimplikasi naiknya tunjangan kinerja dari 40 menjadi 60 persen. Apalagi beberapa waktu lalu, juga mendapatkan sejumlah penghargaan seperti penghargaan dari Presiden RI sebagai Penyedia Layanan BLU dengan Akses Terjangkau, dan Penghargaan dari Kemenkeu sebagai kementerian dengan Kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) terbesar dalam APBN.

Tambahnya, Kemenag juga mendapatkan penghargaan ganda terkait ekonomi syariah, yaitu Pemrakarsa Proyek Infrastruktur Berbiaya Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dan Investor Utama Sukuk Negara Domestik.

Informasi dari Kepala Sub Bagian Tata Usaha Khaiful, upacara diikuti 349 ASN Kemenag Pasaman dan dihadiri oleh pejabat lingkungan dan pemkab serta pimpinan BUMN dan BUMD. Sejumlah pensiunan Kemenag juga turut hadir mengikuti hingga berakhirnya upacara.

Diakhir upacara, Bupati dan Kakankemenag bersama-sama menyerahkan hadiah pemenang pertandingan badminton HAB.

Ditambah dengan acara tabligh akbar di mushalla kantor dengan penceramah Dahlan ASN Kemenag juga Ketua MUI Kec.Panti (by 78/ Icuk Rz).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed