Bawaslu Nisut Sosialisasikan Pemilu Pada Pemilih Pemula Agar Partisipatif

Nias Utara-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Nias Utara selenggarakan sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif untuk menyukseskan Pemilu 17 April 2019 mendatang.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Gedung Gereja BNKP Kota Lotu, Jumat (15/3/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Nias Utara, Memory Zendrato saat membuka pelaksanaan sosialisasi, mengajak seluruh peserta untuk bersama-sama berpartisipasi melakukan pengawasan proses penyelenggaraan pemilu.

“Karena bawaslu kekurangan personil untuk mengawasi, hingga ke pelosok atau daerah terpencil, maka dalam kesempatan sosialisasi ini kami mengajak bapak, ibu dan adik-adik pelajar pemilih pemula mari bersama-sama melakukan pengawasan pemilu,” tutur Memori.

Lanjutnya, yakni pelanggaran pemilu itu seperti money politik, oknum aparatur sipil negara tidak netral atau terlibat berpolitik dan banyak isu lain yang berkembang saat ini.

“Kami berharap, peserta sosialisasi hari ini dapat menjadi penyambung lidah kami, untuk menginformasikan pengawasan pemilu ini kepada seluruh masyarakat nias utara, sehingga nantinya dapat memberikan informasi kepada kami terkait pelanggaran pemilu yang sedang terjadi,” katanya.

Febeanus Zalukhu alias Ama Winer, mewakili para peserta baik tokoh agama, adat dan insan Pers yang hadir pada saat itu, menyampaikan kegiatan sosialisasi ini, yang diselenggarakan Bawaslu tersebut, mengapresiasi tata cara bagaimana pemahanan masyarakat menjadi pemilih yang cerdas pada 17 April 2019.

“Mari kita partisipatif menyampaikan apa inti sosialisasi ini kepada seluruh masyarakat, dan mari kita menghindari diri dari berbagai bentuk pelanggaran politik,” ucap Ama Winer .

Setelah sosialisasi dibuka resmi Ketua Bawaslu, eksposnya penyampaian materi dari tentang pengawasan pemilu partisipatif.

Peserta, terlihat sangat antusias mengikutinya, mulai dari awal pertengahan sampai cara tersebut selesai.

Pada acara tersebut dihadiri tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan pemilih pemula dari SMA Negeri 1 Lotu, pemilih pemula dari SMK Swasta Kristen BNKP Luzamanu dan pemilih pemula dari SMAK Lotu.

(N. Zega)

No Response

Leave a reply "Bawaslu Nisut Sosialisasikan Pemilu Pada Pemilih Pemula Agar Partisipatif"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.