RAZIA GABUNGAN TERTIB ANGKUTAN DI PALUTA BERAKHIR

DSC_0808

PALUTA detikperistiwa.com Razia penertiban kenderaan bermotor baik angkutan orang maupun barang khususnya yang beroperasi di wilayah Kabupaten Paluta yang berlangsung selama 4 hari yakni sejak 19 April lalu berakhir,tadi  Jumat (22/04).

Razia gabungan yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kabupaten Padang Lawas Utara ( Paluta) Prov. Sumatera Utara itu bekerjasama dengan Polres Tapsel melalui Unit Lantas Polsek Padang Bolak, unit Jasa Raharja, Samsat Unit Gunung Tua, PPNS serta tim penguji kenderaan bermotor bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat terhadap penggunaan kenderaan bermotor baik angkutan orang maupun barang khususnya yang beroperasi di wilayah Kabupaten Paluta.

Selain itu, razia mempunyai sasaran agar seluruh masyarakat pengguna kenderaan bermotor untuk melengkapi standard berkenderaan antar lain SIM, STNK, Helm dan kelengkapan lainnya.

Demikian disampaikan Kepala Dishubkominfo Paluta Ridwan Efendi Daulay SSTP MM kepada sejumlah wartawan di Gunung Tua, Jumat (22/04).

“Razia gabungan dilakukan empat hari berturut-turut. Kita turut melibatkan Lantas, Samsat dan Jasa Raharja dengan tujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat terhadap penggunaan kenderaan bermotor baik angkutan orang maupun barang khususnya yang beroperasi di wilayah Kabupaten Paluta,” katanya.

Masih kata Ridwan, Sedangkan untuk kenderaan bermotor jenis angkutan orang maupun barang, selain kelengkapan standard berkendara, pemeriksaan meliputi kelengkapan ijin trayek, penertiban angkutan desa yang memakai plat hitam, kelengkapan buku uji berkala kenderaan (buku KIR) dan surat jalan bagi kenderaan angkutan barang.

“Pemeriksaannya untuk seluruh pengguna kenderaan bermotor meliputi standard kelengkapan berkendara seperti SIM, STNK dan yang lainnya. Sementara khusus untuk kenderaan angkutan juga kita periksa ijin trayek, buku KIR serta surat jalan untuk angkutan barang, angkutan desa yang memakai plat hitam juga kita tertibkan,” ujarnya.

Dirinya berharap, dengan dilaksanakannya penertiban ini, masyarakat Paluta nantinya akan menjadi masyarakat yang sadar akan tertib berkendara demi kenyamanan dan keamanan bersama dalam berkendara.

Senada disampaikan Kabid Wastib Dishubkominfo Paluta Bangun Parlaungan SE MM. katanya razia gabungan dilakukan di empat kecamatan yakni Kecamatan Padang Bolak, Portibi, Halongonan dan Hulu Sihapas.

Dalam razia gabungan kali ini, pihaknya mengaku menindak 50 kenderaan dengan pelanggaran terbanyak terkait izin trayek dan izin usaha dengan rincian, 10 kenderaan di tilang dan di teruskan ke pengadilan sedangkan 40 kenderaan lagi dilakukan pembinaan.

“Razia ini akan terus dilakukan dan berkelanjutan demi peningkatan disiplin masyarakat yang menggunakan angkutan,” pungkasnya. (Mauliddar. S)

No Response

Leave a reply "RAZIA GABUNGAN TERTIB ANGKUTAN DI PALUTA BERAKHIR"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.