by

Olimpiade Olahraga Siswa Nssional 2019 Tingkat Kabupaten Lebak

LEBAK-Sebanyak 1246 peserta Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dari berbagai tingkatan sekolah (SD/SMP) di Kabupaten Lebak akan berkompetisi dan menggali potensi dirkuntuk meraih prestasi di bidang olahraga.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengatakan penyelenggaran Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) Tingkat Kabupaten Lebak 2019 merupakan salah satu bentuk upaya penguatan pendidikan karakter, melalui harmonisasi dan
kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga dan masyarakat dalam bentuk kompetisi olahraga.

Bupati Lebak juga berharap dari kegiatan O2SN ini, dapat membentuk peserta didik yang berprestasi dalam bidang olahraga dan juga memiliki budi pekerti luhur.

“Penyelenggaraan O2SN bukan hanya semata-mata untuk mengukur kemampuan peserta didik dibidang olahraga, jauh dari itu, harapan besarnya adalah terbentuknya karakter peserta didik yang berakhlak mulia yaitu jujur, kompetitif, sportif, disiplin, mandiri, menghargai lawan demokratis dan bertanggung jawab” Ungkap Bupati Lebak saat membuka O2SN 2019 yang bertempat di Gelanggang Olahraga (GOR) Pasir Ona Rangkasbitung, Rabu (10/4/2019).

Dalam kesempatan itu, pula Bupati Lebak mengajak peserta O2SN yang berasal dari siswa/i sekolah tersebut, untuk menghindari kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat dan merugikan diri sendiri seperti tawuran antar pelajar dan menghimbau agar menyalurkan hasrat dan energinya untuk hal yang positif seperti kegiatan O2SN ini, serta fokus pada kegiatan belajar.

“Dalam setiap perlombaan ada yang menang dan ada yang kalah, pesan saya untuk pemenang janganlah jumawa, jangan berpuas diri dengan pencapaian saat ini dan terus berlatih untuk meningkatkan kemampuan dan kepada yang belum menang jangan pesimis dan teruslah berlatih dengan lebih baik lagi,” ujar Bupati Lebak

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Wawan Ruswandi, Ketua Panitia kegiatan O2SN Lebak 2019 menjelaskan bahwa O2SN jenjang SD dan SMP, pada dasarnya adalah upaya untuk mengukur sejauh mana hasil pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Kemudian pembinaan dan pengembangan minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstra kurikuler pada satuan pendidikan, dapat diterapkan dalam sebuah kompetisi peserta didik yang dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat sekolah, kecamatan, wilbi, kabupaten, provinsi dan nasional.

“Sebuah keharusan bagi kami untuk memberikan wadah berkompetisi bagi peserta didik SD dan SMP se- Kabupaten Lebak untuk dapat mengembangkan minat dan bakat khususnya dibidang olahraga,” katanya

Dengan tema membangun karakter unggul melalui pendidikan olahraga, kegiatan O2SN akan digelar selama dua hari yakni tanggal 10-12 April 2019 dengan cabang olahraga yang dilombakan yaitu Atletik, Renang, bulu tangkis.

“Kemudian silat, karate, taekwondo, sepak takraw catur, senam, bola basket, bola voly mini dan tenis meja,” pungkasnya .

(abdul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed