Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Hadiri Tradisi Tahunan, Sembelih Kerbau Dalam Ruwah Desa

Sidoarjo -Sebuah tradisi unik dilaksanakan warga Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayy, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (13/4/2019) Pukul 06.00 Wib.

Mereka menyembelih 1 ekor kerbau sebagai syarat prosesi ritual tradisi Ruwah Desa. Dalam ritual ini dihadiri Babinsa Desa Pagerngumbuk Pelda H.M Sugiyo, Serka M. Arifin, Kepala Desa Pagerngumbuk Bapak Choirul Anam ST serta perangkatnya , Toda Tomas, Masyarakat sekitar desa Pagerngumbuk.

Sedekah bumi ini yang sudah turun temurun ini berlangsung setiap tahun pada, tepat pada hari Sabtu Pon (penanggalan jawa).

Tradisi ini sebagai bentuk ungkapan rasa syukur atas kesehatan serta melimpahnya hasil bumi yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Tradisi yang sudah turun temurun ini wajib dilakukan setiap tahun sekali dan tepat pada hari Sabtu Pon (tanggal Jawa). Seluruh daging kerbau yang telah dikumpulkan kemudian dimasak di rumah Kepala Desa setempat.

Menurut Kaur Kesra H Irfandi dan juga Tokohnya Masyarakat Desa Pagerngumbuk, tradisi ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

“Saat Satu tahun sekali, warga wajib menyediakan hewan kerbau untuk disembelih dan dibagikan merata ke seluruh warga,” pungkasnya

( Arfn)

No Response

Leave a reply "Babinsa Koramil 0816/13 Wonoayu Hadiri Tradisi Tahunan, Sembelih Kerbau Dalam Ruwah Desa"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.