by

PENCANANGAN NUSANTARA MENGAJI DI PUSATKAN DI PON-PES AL-MUKHTARIYAH SUNGAI DUA

DSC_0098

PALUTA detikperistiwa.com Menpora RI H. Imam Nahrawi beserta rombongan tiba Senin 25/04 di lapangan hijau Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua dan disambut oleh Bupati Paluta Drs. H. Bachrum Harahap, Wakil bupati H Riskon Hasibuan, pimpinan ponpes Al-Mukhtariyah Sungai Dua H. M Syahrizal El-Mukhtary serta di hadiri oleh pimpinan DPRD Paluta, Kapolres Tapsel, Kajari Gunung Tua, pimpinan SKPD se-Paluta, tokoh agama, tokoh masyarakat serta undangan lainnya.

Kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia itu menghadiri Pencanangan Nusantara Mengaji 300 Ribu Khatam Qur’an yang diadakan secara serentak di seluruh Indonesia yang dimulai dari tanggal 7 dan 8 Mei 2016 mendatang.

Di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) pencanangan ‘Nusantara Mengaji’ ini di pusatkan di Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Sungai Dua, Kecamatan Portibi.

Bupati Paluta Drs. H. Bachrum Harahap dalam kata sambutannya menyampaikan, pencanangan ‘Nusantara Mengaji’ berupa pengkhataman Qur’an sebanyak 300 ribu akan di gelar secara serentak di seluruh Indonesia dengan tujuan agar ummat Islam berdoa untuk keselamatan, kesejahteraan dan keberkahan bangsa.

Tentunya sambung Bachrum, Pemkab Paluta siap mendukung pelaksanaan khataman Al-Qur’an sebanyak 1.500 kali yang melibatkan anak-anak yang mengikuti pendidikan di ponpes serta masyarakat yang ada di Paluta.

Di kesempatan ini, bupati juga menceritakan sedikit kilas balik sejarah pemekaran Paluta yang dimekarkan dari Kabupaten Tapsel pada tahun 2007 lalu. Dihadapan Menpora RI H. Imam Nahrawi serta Marwan Dasopang anggota DPR RI dari komisi IX yang juga alumni dari ponpes Al-Mukhtariyah Sungai Dua kembali mengisahkan bahwa berdasarkan UU nomor 37 tahun 2007 tertanggal 10 Agustus 2007 tentang pembentukan daerah otonomi daerah Kabupaten Paluta maka berdirilah Kabupaten Paluta dengan ibukotanya Gunung Tua dengan pelaksana bupati pertamanya Plt Drs H Arsyad Lubis MM dan Kabupaten Paluta seiring perjalanannya, kini sudah berusia 8 tahun.

Diakhir kata bupati menyampaikan ucapan selamat datang kepada Menpora RI H. Imam Nahrawi dan rombongan yang sudah meringankan waktu dan langkahnya untuk mengunjungi Kabupaten Paluta dalam rangka Pencanangan Nusantara Mengaji 300 ribu Khatam Qur’an se-Indonesia di Ponpes Al Mukhtariyah Sungai Dua.

“Pertama kali, atas nama pribadi dan Pemkab Paluta, Saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak Menpora RI beserta rombongan di Kabupaten Paluta ini. Kami merasa sangat bangga dan berterimakasih atas waktu yang diberikan bapak untuk dapat hadir dan bersilaturahmi dengan warga Kabupaten Paluta,” tutup bupati menyudahi kata sambutannya.

Sementara Menpora RI H Imam Nahrawi dalam kata sambutannya mengajak seluruh ummat Islam untuk lebih mencintai dan memahami isi kandungan dari Al-Qur’an. Menpora juga menyampaikan pesan kepada seluruh warga Paluta, katanya Al-Qur’an jangan hanya di beli lalu di pajang untuk di jadikan hiasan di dalam lemari saja.

Tambahnya, kepada generasi muda, ia meminta agar menjauhi pergaulan bebas dan mengingatkan bahaya narkoba. (Mauliddar. S)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed