Festival Kampung Ramadhan, Chusnunia: Bulan Puasa Merupakan Evaluasi Diri

BATANGHARI-Ramadhan merupakan salah satu bulan yang paling ditunggu umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia, tak terkecuali di Lampung umumnya dan Lampung Timur khususnya.

Memasuki sekaligus merayakan bulan suci ramadhan 1440 H yang baru menghitung hari itu, digelarlah Festival Kampung Ramadhan di Masjid Daruttaubah, Desa Bumimas 42a, Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur, Rabu (8/5/2019).

Terlihat ditampilkan persembahan rebana dari anak-anak TPA masjid setempat dan penampilan ibu-ibu kosidah itu dihadiri Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim beserta jajaran, Camat Batanghari, Mursidi serta forkopimcam Kecamatan Batanghari.

Bupati Wanita Pertama di Lampung Timur itu menyambut baik akan adanya kegiatan Festival Kampung Ramadhan ini.

“Menyambut baik ada kampung ramadhan begini termasuk juga desanya pasti jadi ramai disini karena adanya kampung ramadhan ini, semoga yang jualan laris dan yang beli dibukakan pintu rezeky nya,” katanya

Masih Chusnunia, ia menambahkan bulan Ramadhan merupakan bulan yang baik untuk mengevaluasi diri serta memperbanyak melakukan hal-hal positif dan berdo’a untuk dipertemukan pada bulan-bulan ramadhan berikutnya.

“Ramadhan saat nya kita mengevaluasi, banyak-banyak bertafakkur, berdzikir, dan banyak-banyak mengevaluasi diri kita. Intinya bulan penuh maghfiroh ini kita manfaatkan semaksimal mungkin termasuk berdo’alah sebanyak-banyaknya mohon kepada Allah kita bisa menjalankan Ramadhan ini dengan maksimal dan dipertemukan dengan bulan ramadhan-ramadhan selanjutnya,” bebernya.

Usai menghadiri Festival Kampung Ramadhan, wanita yang kerap disapa Mbak Nunik ini langsung menghadiri kegiatan selanjutnya yakni Silaturahmi Ramadhan yang digelar di Masjid Al Huda yang berada di Desa Rejo Agung, Kecamatan Batanghari.

Senada dengan apa yang di sampaikan sebelum nya, Nunik berharap di bulan Ramadhan ini seluruh masyarakat dapat menjalankannya dengan sebaik-baiknya, bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga saja tetapi juga dapat memaknainya secara batin.

“Semoga kita menjalankan ibadah bulan suci ramadhan ini bukan sekedar fisik, nahan lapar dan haus ataupun tarawih saja, tetapi lebih dari itu kita dapat memaknai sampai kedalam esensinya betul-betul secara batinnya dan mentalnya kita juga ber-ramadhan,” tukasnya.

“Semoga siapapun kita hari ini hidup diberikan kesempatan bernafas dibulan ramadhan kita jalani ibadah kita dengan lahir dan batin, bersama kita mohonkan juga keberkahan untuk Lampung Timur, semuanya yang ada di Lampung Timur semoga dialirkan kesejukan, keikhlasan, dan berhenti mendzolimi sesama, terbuka dan terus terpanggil Allah untuk saling membantu sesama,” pungkasnya.

Silaturahmi Ramadhan ini, dilakukan pula penyerahan bantuan berupa ambal sholat dan Al-Qur’an kepada sejumlah Masjid dan Desa di Kecamatan Batanghari, Lampung Timur.

(Hum)

No Response

Leave a reply "Festival Kampung Ramadhan, Chusnunia: Bulan Puasa Merupakan Evaluasi Diri"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.