by

POLRES PELABUHAN TANJUNG PRIOK GELAR APEL GABUNGAN CEGAH BANJIR

periok

TANJUNG PRIOK detikperistiwa.com-Jajaran Polda metro Jaya jauh jauh hari sudah melaksanakan pencegahan banjir dengan cara menanam pohon berbatang besar di sekitar Mako Polda Metro Jaya.

 

“Banyak saran pencegahan banjir, Pohon yang ditanam sebaiknya merupakan pohon yang dapat tumbuh besar. Hal ini dikarenakan, pohon yang besar memiliki akar yang kuat dan menciptakan rongga-rongga tanah yang lebih baik, seperti yang dilakukan Polda Metro Jaya,”  papar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, kepada wartawan Rabu, (18/1) di Mapolda Metro Jaya.

 

Polda Metro Jaya juga mengimbau agar masyarakat membuang sampai pada tempatnya. Bukan hal yang baru kita ketahui, bahwa sampah menjadi salah satu penyebab banjir.

 

“Orang-orang yang tidak bertanggung jawab membuang sampah di jalanan dan terbawa masuk ke gorong-gorong. Akhirnya sampah tersebut terbawa hingga ke sungai dan mengakibatkan penyumbatan dan pendangkalan sungai hingga terjadi banjir,”  jelas Kabid Humas Kombes Pol Argo.

 

Hal ini yang disampaikan Kapolda Metro Jaya melalui Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok yang pagi ini menggelar apel gabungan kesiapan penanggulangan banjir bersama Muspiko dan stakeholder Kawasan Pelabuhan Muara Baru di halaman Kantor Pusat Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo).

 

Dalam arahan Kapolda Metro Jaya yang dibacakan Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok, AKBP Robertus Yohanes De Deo, menyampaikan terimakasih kepada seluruh seluruh potensi masyarakat yang ada di kawasan muara baru atas kesiapsiagaan personil dan peralatan dalam upaya penanggulangan banjir.

 

“Kita akan bersama-sama untuk menghadapi bencana banjir secara maksimal apabila terjadi bencana banjir. Utamakan keselamatan personil dan warga, pengamanan terhadap insfrastruktur yang mendukung operasional Pelabuhan Muara Baru,”  ungkap Kapolres AKBP De Deo, membacakan sambutan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Mochammad Iriawan.

 

Dalam sambutan tersebut juga berisi imbauan menanam pohon besar pada lahan kosong yang tidak membahayakan nyawa orang lain dan sebaiknya membuang sampah pada tempatnya. Usai apel gabungan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan peralatan penanggulangan banjir di Kawasan Pelabuhan Muara Baru, seperti perahu karet, alat komunikasi hingga peralatan lainnya.

 

Dalam apel tersebut juga diikuti dihadiri, Pos Sat Kamla Muara Baru, Dinas Pemadam Prov DKI Jakarta, Security gabungan, Perum Perindo Pusat dan Cabang DKI Jakarta, UPT PPSNZJ, Dinas Kesehatan Pelabuhan Muara Baru, KSOP Muara Baru, Pokdar Kamtibmas dan Penjaga Kapal Motor (KpKpm) ( H A MUTHALLIB )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed