Tiga Terduga Pelaku Pencurian Saat Shalat Tarwih Dikurung Polres Kolaka

KOLAKA – Tim ElangSatuan Reserse Kriminal Polres Kolaka beserta jajaran Polsek Kolaka berhasil mengamankan 3 terduga Pelaku Pencurian masing-masing berinisial AL (16), AR (15) dan KM (14).

Ke tiga pelaku tersebut diamankan saat berada disalah satu rumah warga tepatnya di Dusun Tokela Desa Sani – Sani, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Jum’at (10/5/2019).

PSKapolsek Kolaka Ipda Usman Lanna, SH, menuturkan ke-3 terduga pelaku tersebut diamankan berkat keterangan dari para Saksi serta warga sekitar.

Sebab para terduga pelaku melakukan aksinya dirumah korban bernama Muh Tamrin, ketika korban bersama istri dan anak menantunya pergi melaksanakan Sholat Tarawih di Mesjid Nurul Jihad lingkungan Damarwulan, Kelurahan Ulunggolaka.

Mengetahui rumah korban dalam keadaan kosong saat itu pula para terduga pelaku melakukan aksinya dengan masuk kerumah korban dan mengambil sejumlah uang beserta rokok.

Saat korban kembali usai melaksanakan sholat tarawih, korban melayani masyarakat yang ingin membeli di kios miliknya namun korban melihat bahwa uang sejumlah Rp. 3.000.000 serta beberapa bungkus rokok yang ada di kios miliknya telah hilang.

Laporan kedua yang diterima jajaran Polsek Kolaka yaitu dari Dahlan (49) yang juga merupakan warga Lingkungan 3 Damarwulan, Kelurahan Ulunggolaka, Kecamatan Latambaga.

Jronologis tindak pidana pencurian yang terjadi di kediaman milik lelaki Dahlan tidak berbeda jauh dengan kejadian yang terjadi di rumah milik Muh Tamrin.

Kejadian bermula ketika korban dan keluarganya tengah melaksanakan sholat Tarwih bersama di salah satu masjid.

“Ketika korban pulang kerumahnya ia mendapati uang serta rokok yang ada di kios miliknya telah hilang dan atas kejadian itu korban mengalami kerugian sekitar Rp. 7.000.000, ” ucap P.S Kapolsek Kolaka.

Adanya laporan pencurian dari warga, jajaran Polsek Kolaka bersama Tim Elang Anti Bandit Sat Reskrim Polres Kolaka langsung melakukan Penyelidikan atas kasus pencarian tersebut.

Sehingga berhasil mengamankan para terduga pelaku, dari tangan ketiganya berhasil diamankan 30 bungkus rokok berbagai jenis serta uang tunai Rp 1.570.000.

“Ketiga terduga pelaku beserta barang bukti sudah di amankan oleh Tim Elang yang bekerja sama dengan jajaran Polsek Kolaka,” ucap Ipda Usman Lanna, SH.

Lanjut Usman untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, terhadap ke-3 terduga Pelaku saat ini dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 tahun, karena ke-3 terduga pelaku juga masih dibawah umur terhadapnya diberlakukan Undang-Undang RI No. 11 Tahun 2012, tentang sistem Peradilan Anak.

(Hasan B/R Alex Nug)

No Response

Leave a reply "Tiga Terduga Pelaku Pencurian Saat Shalat Tarwih Dikurung Polres Kolaka"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.