Pembagunan Balai Serba Guna Di Desa Lawira Satua Sesuai Dengan RAB

Nias Utara-Pembagunan Balai Serba Guna di Desa Lawira Satua Kecamatan Lotu Kabupaten Nias Utara Propinsi Sumatera Utara yang anggarannya bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2018, progres pekerjaan mencapai 70 persen dan progres pekerjaan yang belum siap dikerjakan pada tahun 2018 akan diteruskan progres pekerjaannya pada tahun 2019

Disampaikan Kepala Desa Lawira Satua Kecamatan Lotu, Murni Nazara, Rabu (15/5/2019), anggaran Dana Desa (DD) tahun 2018, yang diperuntukan untuk pembagunan balai serbag guna sekitar Rp 728 Juta.

Namun anggaran tersebut belum terealisasi seratus persen, sebab berdasarkan surat edaran dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dana Desa (PMD) Kabupaten Nias Utara, pada tanggal, 1/2/2019, kepada camat se-Kabupaten Nias Utara dan camat di masing-masing menindaklajutin surat tersebut kepada kepala desa pada tanggal 4/2/2019, surat edaran tersebut bermaksud yakni agar setiap kepala desa menghentikan progres pekerjaan fisik yang anggarannya bersumber dari Dana Desa tahun 2018.

Anggaran yang belum terealisasikan dikembalikan ke Kas Rekening Desa untuk dijadikan Silpa, anggaran tersebut bisa ditarik kembali pada anggaran Dana Desa tahun 2019.

” Sesuai dengan surat edaran dari Dinas PMD Kabupaten Nias Utara pada bulan Februari 2019, maka Camat Lotu menyurati kepala desa se – Kecamatan Lotu di antaranya yakini kami dari Desa Lawira Satua menerima surat itu, saya sebagai Kepala Desa dan bersama dengan perangkat Desa untuk memberhentikan progres pekerjaan pembangunan balai serba guna walaupun pembangunan tersebut belum siap seratus persen, ” katanya

Namun sisa anggaran Dana Desa tahun 2018 sudah kami kembalikan di rekening Kas Desa. “Progres pembangunan di balai serba guna di Desa Lawira Satua yang belum siap di kerjakan pada tahun 2018, itu kita kerjakan pada tahun 2019 karena anggarannya masih ada di Kas Desa,” kata Murni Nazara.

Murni Nazara menambahkan, Dana Desa (DD) tahun 2018 sempat belanjakn, bahan material yakni, semen, besi, baja ringan dan seng tapi tidak sempat dikerjakan. “Akibat surat edaran dari Dinas PMD Kabupaten Nias Utara pada saat itu,” tuturnya.

Kepala Desa Lawira Satua Kecamatan Murni Nazara menyampaikan progres pekerjaan pembangunan balai serba guna di Desa Lawira Satua Kecamatan Lotu di perkirakan mencapai 70 persen yang dikerjakan pada tahun 2018, tinggal sekitar 30 persen yang kita kerjakan pada tahun 2019.

“Bahan material yang kita gunaka sudah sesuai dengan spesifikasi yang ada pada RAB,” ungkapnya.

“Pada waktu yang sama kita konfirmasi kepada kepala bidang pengembangan usaha dan ekonomi masyarakat (PUEM) di Dinas PMD Kabupaten Nias Utara, diruang kerjanya, ” imbuhnya.

Dia mengatakan pengembalian sisa anggaran Dana Desa yang belum sempat teralisasakian pada tahun 2018, untuk di kembalikan di Rekening Kas Desa.

“Setiap progres pekerjaan fisik di berhentikan, karena sisa anggaran tersebut di jadikan Silpa dan bisa di gunakan pada tahun berkenaan,” katanya.

(N. Zega).

No Response

Leave a reply "Pembagunan Balai Serba Guna Di Desa Lawira Satua Sesuai Dengan RAB"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.