Puasa Tidak Menghalangi, Babinsa 04/Siantar Barat Bantu Petani Halau Burung Pemakan Padi

Siantar-Giat Koramil 04/SB Kodim 0207/Sml Korem 022/PT Serda JH Situmorang melaksanakan kegiatan pendampingan hanpang perawatan padi (jaga burung) usia tanam 100 hari milik Burhanuddin seluas 12 rante Poktan Guna Mulia Kelurahan Bahsorma Kecamatan Siantar Sitalasari Pematangsiantar, Selasa (21/5/2019).

Untuk menjaga tanaman padi dari serangan burung, Babinsa Siantar Barat, Serda JH Situmorang dari Koramil 04/Siantar Barat, Kodim Simalungun , ikut membantu petani menghalaunya dengan memakai ketapel.

Lokasi yang dijaga Babinsa itu di area sawah lahan garapan milik bapak Burhanuddin seluas 12 Rante Kelurahan Bahsorma Kecamatan Siantar Sitalasari Pematangsiantar.

“Kegiatan itu bertujuan untuk mengurangi serangan hama burung yang sering mengganggu tanaman padi yang mengakibatkan hasil dari tanaman akan berkurang karena padi terserang dan dimakan oleh hama burung,” kata Serda JH. Situmorang.

Dalam mencegah serangan hama burung, para petani menjaga dan menunggu langsung di sawah dengan menggunakan alat tradisional termasuk diantaranya yang memanfaatkan ketapel.

“Bahkan ada juga dari para petani yang memasang jaring-jaring untuk mengamankan tanaman padi dari serangan hama burung yang dianggap paling meresahkan oleh para petani sekarang ini,” jelas bapak Burhanuddin sebagai pemilik lahan.

Bapak burhanudin menambahkan, Babinsa Siantar barat sudah dikenal sebagian warga Kelurahan karena dari sikap dan perilaku yang selalu peduli dan sering mengadakan anjangsana di wilayah setempat.

“Sosok Pak Burhanudin sangat supel. Mudah bergaul dengan semua pihak tanpa adanya pilih-pilih dalam berkomunikasi dan mengharapkan kebersamaan antara warga dan Babinsa yang sudah terjalin dengan baik ini terus di pertahankan,” pintanya.

Lanjutnya, penjagaan tanaman padi biasanya di lakukan pada saat tanaman padi mulai berbuah.

“Karena hama burung selalu memakan dan merusak tanaman padi seperti saat ini yang sedang kami lakukan dengan bantuan dari Babinsa di wilayah kami,” ungkapnya.

(Don

No Response

Leave a reply "Puasa Tidak Menghalangi, Babinsa 04/Siantar Barat Bantu Petani Halau Burung Pemakan Padi"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.