AHMAD SANUSI DAULAY PENCETAK KADER GP ANSOR PERTAMA DI PALAS

sanusi

PALAS detikperistiwa.com–Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) beberapa tahun terakhir sering dilaksanakan, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kabupaten Padang Lawas (Palas), pada awalnya digagas  Alustad H. Ahmad Sanusi Daulay pada tahun 2013 lalu.

Pimpinan pondok pesantren (Ponpes) Aljumhuriyah, Desa Ujung Batu di Kecamatan Sosa yang  pernah menjabat sebagai Ketua PC GP Ansor Kabupaten Palas masa khidmat 2012-2016 ini, tercatat untuk pertama kali telah mencetak kader GP Ansor yang militan untuk daerah Kabupaten Palas.

Lewat kegiatan PKD PC GP Ansor Palas yang dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 8 desember 2013 lalu, bertempat di Ponpes Alhakimiyah, Desa Paringgonan, Kecamatan Ulu Barumun, dengan mencetak kader GP Ansor militan sebanyak 41 orang.

“Setelah kegiatan PKD yang pertama kali di Palas itu, maka kepengurusan PC GP Ansor Kabupaten Palas secara konstitusi organisasi diakui oleh PP GP Ansor Pusat Jakarta, dan PC GP Ansor Palas berhak mengikuti kegiatan Kongres GP Ansor di Surabaya pada tahun 2014,” ujar H. Ahmad Sanusi Daulay, saat berbincang dengan wartawan, Senin (22/1).

“Sudah menjadi konstitusi organisasi yang tertuang dalam AD/ART GP Ansor, siapa saja yang berkeinginan menjadi pengurus organisasi GP Ansor, mulai dari tingkat desa hingga ke tingkap pusat, maka ia harus mengikuti PKD, sebagai syarat mutlak menjadi pengurus salah satu badan otonom (Banom) NU ini,” tegasnya

Dikatakannya, sebelumnya, sudah ada dua kepengurusan PC GP Ansor di Kabupaten Palas, tapi kedua kepengurusan tersebut belum melaksanakan kegiatan PKD, sehingga kepengurusannya dibekukan oleh PP GP Ansor pusat, karena kepengurusannya tidak memenuhi kriteria sebagai peserta kongres dan eksistensi GP Ansor di Palas saat itu tidak bernilai.

“Keseriusan saya membangun dan mencetak kader-kader GP Ansor di Kabupaten Palas lewat kegiatan PKD, karena di daerah Palas banyak terdapat ponpes, tempat para ulama dan santri. Tidak dipungkiri, salah satu elemen masyarakat yang turut sebagai pendiri bangsa dan negara ini adalah dari kalangan ulama dan santri di ponpes,” ungkapnya.

Disebutkannya, ia juga merupakan sosok pemrakarsa kembangkitan kembali organisasi banom NU di Kecamatan Sosa, seperti GP Ansor, Fatayat NU, IPNU dan IPPNU, pads tahun 2002 lalu. “Kini, keempat banom NU itu, sudah terbangun kepengurusannya di tingkat Kabupaten Palas,” terangnya.

“Saya meyakini, jika NU dan GP Ansor sertabanom-banom NU yang lainnya tetap kuat di NKRI ini, kehidupan berbangsa dan bernegara di republik ini akan aman dari issue-issue disintegrasi bangsa, yang hari ini saya melihatnya, kondisi bangs kitakian terancam dengan berkembangnya ideologi baru-ideologi baru dan faham-faham yang cenderung radikalisme,” jelasnya.

Sanusi berharap, eksistensi GP Ansor hari ini dan ke depan tetap berada dalam garis kesetiaannya pada NKRI dan ulama-ulama NU.  “Sama seperti kesetiaan para pendahulu GP Ansor yang setia menjaga Pancasila sebagai ideologi bangsa dengan turut serta memberantas pemberontakkan PKI pada tahun 1960-an silam,” tutupnya. (Maulana Syafii)

No Response

Leave a reply "AHMAD SANUSI DAULAY PENCETAK KADER GP ANSOR PERTAMA DI PALAS"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.