Kecamatan Morotai Selatan Kini Bebas Dari Potensi Penyakit DBD

Morotai – Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai sampai saat ini bebas dari Potensi Penyakit Demam Berdarah (DBD) Senin (17/6/2019)

Kepala Puskesmas Daruba Kecamatan Morotai Selatan dr Adil Makmur ketika dikonfirmasi media pihaknya telah membuat laporan mingguan jadi setiap hari Sabtu dari Desa memasukan data penyakit secara mingguan.

“Jadi kita sudah tahu setiap hari Sabtu ada atau tidak ada kasus DBD di seluruh Desa Kecamatan Morotai Selatan,” katanya.

Dari data tersebut, kalau ada potensi langsung kami turun untuk melihat lingkungan sekitar, apakah potensi atau tidak lingkungan itu untuk menyebarkan DBD secara luas, Kalau berpotensi. “Maka untuk Puskesmas sendiri pasti akan melakukan penyuluhan secara besar-besaran,” pungkasnya.

“Kemudian kita akan laporkan ke Dinas Kesehatan dan Dinas Kesehatan akan turun untuk menilai, kalau memang ditemukan kasus secara acak dan meluas berarti harus dilakukan hoging satu kecamatan,” ujarnya.

“Tetapi jikalau hanya klaster berarti hanya klaster itu saja sejauh radius 100 meter dari rumah penderita,” imbuhnya

“Untuk sekarang antisipasi kami, nanti kami coba menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan 3M yaitu, Menguras, Mengubur barang bekas dan Menimbun barang-barang yang berpotensi terjadi genangan, itulah cara yang paling tepat,” terangnya

“Untuk Morotai Selatan sampai saat ini belum ada temuan kasus DBD,” tutupnya.

(073)

No Response

Leave a reply "Kecamatan Morotai Selatan Kini Bebas Dari Potensi Penyakit DBD"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.