by

PLN RAYON SIBUHUAN SOSIALISASIKAN SUBSIDI LISTRIK TEPAT SASARAN

logo-pln

PALAS detikperistiwa.com —-Subsidi listrik tepat sasaran yaitu kebijakan pemberian subsidi listrik hanya kepada rumah tangga yang memang berhak yakni mereka yang termasuk golongan masyarakat miskin dan tidak mampu. Pemberian subsidi listrik ini mengacu pada data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Khusus, bagi pelanggan daya 900 VA, nantinya subsidi listrik dari pemerintah hanya akan diberikan bagi keluarga miskin dan tidak mampu hal ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009,” sebut Supervisor Pelayanan Pelanggan dan Administrasi PLN Rayon Sibuhuan Dio Putera Hasian, kepada wartawan, Rabu (1/2).
Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) ESDM RI Nomor 28 tahun 2016 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan PT PLN (Persero) untuk Tarif Rumah Tangga Daya 900 VA. Bagi Rumah Tangga Daya 900VA yang termasuk kategori mampu (R1/900VA RTM) tarif TDL-nya bulan Januari-Februari jadi Rp 774/Kwh, di bulan Maret-April sebesar Rp 1.023/KWh dan pada periode bulan Mei-Desember menjadi Rp 1.350/KWh.

Sedangkan subsidi listrik tetap diberikan untuk pelanggan daya 450VA dan 900VA kategori Rumah Tangga miskin dan kurang mampu. Bagi Rumah Tangga Miskin dan tidak mampu yang belum mendapatkan tarif listrik bersubsidi, bisa sampaikan pengaduan ke kantor Desa atau kantor Kelurahan setempat melalui pengisian form pengaduan penerapan subsidi listrik tepat sasaran.

“Secara teknis, mekanisme pengaduan penerapan subsudi listrik tepat sasaran ini, pertama, rumah tangga miskin yang ingin mengadu melapor ke kantor desa/kelurahan. Pelapor mengisi formulir pengaduan. Dan selanjutnya diteruskan ke kantor kecamatan oleh kantor desa/kelurahan,” terangnya.

Kemudian, lanjutnya, ketiga, kecamatan menginput data pengaduan ke aplikasi pengaduan kepesertaan subsidi listrik. Data pengaduan akan ditindaklanjuti oleh posko pengaduan pusat. Selanjutnya, akan ada umpan balik pengaduan berupa jawaban atas pengaduan rumah tangga tersebut.

“Untuk mensukseskan terlaksananya program pemerintah tentang subsidi listrik tepat sasaran ini, kami tetap berkordinasi dengan Pemkab Palas dan jajaran pemerintah di bawahnya, mulai kantor desa/kelurahan dan kantor kecamatan,” pungkasnya. (Maulana Syafii)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed