Aceh Berencana Legalkan Poligami, Pengamat Sosial : Membantu Janda Korban Konflik dan Perekonomian

ACEH – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh sedang menggodok rancangan Qanun hukum keluarga yang mengatur tentang perkawinan, perceraian dan perwalian. Dalam rancangan itu, terdapat beberapa pasal yang melegalkan tentang Poligami.

” Program positif membantu janda korban konflik masa lalu, dan turut mendukung pemerintah aceh meningkatkan perekonomian dari segi kesejahteraan keluarga, apalagi pasca konflik 35 tahun serta perdamaian gam – RI hampir 15 tahun, Aceh justru belum surplus ekonomi serta terjebak dalam dana otsus yang besar belum ada hasil perubahan signifikan apalagi di kesejahteraan masyarakat cukup miris serta justru jumlah perceraian juga pasca transisi politik saat ini turut meningkat ” jelas Ichsan, pemerhati sosial dan resolusi konflik.

Sebelumnya heboh pemberitaan ” headline news ” media cetak Serambi Indonesia Sabtu (6/7). yang mayoritas masyarakat kaum adam men “screen shot tagline poligami”.

” keuntungan bagi pria serta pemuda Aceh adalah melalui poligami dapat memperbaiki kondisi sosial yang terus tergerus di bumi syariah islam serambi mekkah dan meninggalkan praktek nikah siri yang justru merugikan tersebut, tak menampik, bakal ada pro dan kontra terkait Qanun tersebut “, Tutup Ichsan.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Aceh, Musannif mengatakan, qanun tersebut mulai dibahas sejak akhir 2018 lalu. Dan, akan segera di bawa ke sidang rapat dengar pendapat umum (RDPU) pada tanggal 1 Agustus 2019 mendatang.

Menurut Musannif, dilegalkannya Poligami bukan tanpa alasan. Pihaknya melihat saat ini marak terjadi kawin siri. Apalagi, dalam hukum Islam juga diperbolehkan tentang Poligami.

Dalam pasal yang mengatur tentang Poligami itu, juga disebutkan syarat bagi pria yang ingin berpoligami di wajibkan untuk ada izin dari istri pertama.

Soal batasan jumlah, kata Musannif pihaknya mengikuti hukum Islam, yaitu maksimal bisa menikahi empat orang. Jika, lebih dari itu, dalam qanun dianjurkan untuk menceraikan salah satunya. “Kami batasi sampai 4 orang, kalau mau yang kelima harus diceraikan salah satunya,” ujarnya.

(pr*)

No Response

Leave a reply "Aceh Berencana Legalkan Poligami, Pengamat Sosial : Membantu Janda Korban Konflik dan Perekonomian"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.