by

DILEMA SAMPAH, MENUMPUK DI JALAN AIRAN RAYA DEKAT BALAI DESA WAY HUI

Lampung Selatan-,Kebersihan adalah Pangkal Kesehatan dan Keindahan dari suatu daerah.

Akan tetapi saat kita melintasi jalan provinsi yaitu jalan airan raya, maka saat memasuki Desa Way Hui-Kecamatan Jati Agung-Lampung Selatan, maka dari simpang korpri atau dari samping lamban kuning baru 50 meter, melintas akan terlihat tumpukan sampah di kanan- kiri jalan, sebab tumpukan sampah yang ada berada berjarak kurang lebih 100 meter dari Balai Desa Way Hui.

Sampah yang menumpuk dan mengeluarkan bau menyengat saat melintas tentu akan membuat berfikir akan keberadaan dinas kebersihan baik dari tingkat desa ataupun kecamatan.

Dilema sampah yang menumpuk tersebut, salah seorang warga Desa Way Hui Muhamad Yani menjelaskan sampah yang menumpuk bukan sampah dari masyarakat desa saja.

“Akan tetapi berasal dari oknum perorangan yang melintas di jalan Airan Raya dan dengan sengaja melempar dan membuang sampah di lokasi tersebut dan hal ini sudah lama terjadi dan pernah ada yang ketangkap dan didenda sesuai perdes akan tetapi yah berulang kembali,” katanya, Sabtu (6/7/2019)

Sungguh disayangkan tingkah laku oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut, dan warga desa yang dekat dengan lokasi tersebut serta para pemakai jalan memang menyayangkan kondisi yang ada.

“Saya sebagai warga desa mengharapkan agar Mobil Sampah yang dikelola Bumdes dapat segera mengangkut sampah yang ada dan membuang kelokasi Tempat Pembuangan Akhir yang telah ada, ” ujarnya

Kemudian bila perlu di lokasi tersebut yah dibuatkan pos penjagaan dan dijaga linmas atau polmas desa yang memang mendapat honor dari desa. “Agar para oknum pembuang sampah dapat berhenti melakukan tindakan tidak terpuji, ” ujar Muhamad Yani.

Saat menemui petugas kebersihan mobil sampah yang dikelola Bumdes Desa Way Hui, Supar menjelaskan kendaraan kebersihan ada 3 mobil dan 1 motor roda 3 dimana mobil yang ada adalah mobil pribadi milik warga yang bekerja sama dengan pihak Bumdes

Dia serta tim kebersihan pengelolaan sampah dilingkungan pemukiman yang saat ini, hanya bertugas mengambil sampah dari rumah-rumah warga atau pertokoan yang ada di Desa Way Hui.

” Dibagi wilayah masing-masing yang berlangganan dan untuk mengangkut sampah dari jalan poros airan raya belum tahu itu tugas team siapa,” ucapnya

Dilema sampah yang menumpuk dijalan poros desa tentu saja bukan hanya menjadi dilema bagi desa Way Hui saja. ” Masih ada desa-desa lain yang tentu mengalami hal yang sama, semoga saja ada solusi terbaik untuk menyelesaikannya,” harapnya.

(Yoes)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed