by

Bima, Kades Sambori, Primadona Bawang Putih

BIMA- Kepala desa Sambori M. Tahir H. Mansyur, sejahterakan rakyat dengan tanaman unggulan Bawang Putih. disamping rutinitasnya sebagai kepala desa Kades yang ini sangat kreatif  membangun perekonomian masyarakat Sambori dengan pengadaan benih bawang putih.

Benih hasil bekerjasama dengan beberapa perusahaan di luar daerah kabupaten. Kades membagi gratis benih Bawang Putih plus pupuk. Diharapkan cara demikian bisa mendongkrat perekonomian masyarakatnya. Bahkan benih bukan saja diberikan pada warga masyarakat Sambori, tetapi pada petani di kecamatan Wawo dan Langgudu.  Di tahun 2019 ini pengadaan benih bawang putih yang dilakukan oleh M. Tahir sudah seratus ton dan penghasilan panen 6 Miliar. Ujarnya.

Bakal calon Bupati Bima H. Ghazaly Ama La Nora,  yang kebetulan sedang menginap di rumah Tahir  mengatakan, “Jika semua kepala desa yang ada di kabupaten Bima bisa seperti M. Tahir, betapa bahagia warga masyarakatnya,” Imbuhnya.

Apalagi kiat seperti ini bisa dilakoni Pemda saya yakin warga masyarakat Bima bisa makmur, tambahnya.

Ini, lanjut Ghazaly, suatu terobosan bagus dan mulia. Seharusnya Pemda bisa melakukan hal serupa guna meningkatkan taraf hudup warga masyarakat dipimpinnya. Tentu saja bukan hanya Bawang Putih, tetapi jenis tanaman lain. Tergantung situasi tanah.

Karena kebutuhan desa satu dengan  berbeda. Misalnya, Wawo bawang, sebagian Langgudu cocok Bawang Putih. Sape, Sampungu Bawang Merah serta wilayah lain mungkin lebih cocok jagung. Yang penting ada ikhtiar dan good will Pemda. Yang jelas upaya Kades Sambori ini bisa dicopy paste oleh pihak Pemda. Tidak usah malu-malu mencontohi kalau memang itu positif bisa diadopsi. Bila perlu dijadikan pilot project disamping tanaman Jagung yang sudah memberikan kesejahteraan bagi warga masyarakat. “Tetapi saya yakin keberhasilan Pak Tahir, tidak terlepas dari usaha keras Bupati Dinda, yang telah menjadikan ini semua sebagai program unggulan Pemda,” puji Ghazaly menutup pembeciraan via smart phone miliknya.

        
Menurut M.Tahir, mengaku bahagia bisa membantu sesama manusia. Apalagi yang ikut merasakan warga masyarakat dan keluarga besarnya. Khusus pribadi Tahir dari hasil usahanya mendapatkan imbas kesejahteraan pula. Memiliki satu unit truk baru keluar dealer, col pik up. Dua mobil pribadi Avanza Veloz dan Pajero. Ketika ditanya mengenai penampung hasil panen Bawang Putih. “Tidak ada kesulitan karena penampung dalam dan luar negeri siap menampung berapa jumlah hasil panen. Sudah ada ikatan kerjasama yang baik dengan saya,” akunya.

Selanjutnya rencana penyemangan Swasbada bawang putih 2021 akan mencapai 16000 Hektar di kabupaten Bima walkhusus desa Sambori dengan menyebar bibit sebesar 7500.00 ton. Maka diprediksi hasil panen 25.600 dan 24 Miliar untuk desa Sambori tiap tahun 300 ton dan untuk kecamatan Lambitu 600 ton.
 kabupaten Bima.

(rif)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed