Jika Dipercaya Jadi Menteri KKP, Rokhmin Dahuri Berani Laksanakan Visi Indonesia Presiden Jokowi Di bidang Kemaritiman

JAKARTA-Ketua Barisan Laut Relawan Jokowi-Amin (Bala Rokhmin) Teddy Syamsuri menyambut suka cita atas aspirasi dari Front Nelayan Indonesia (FNI) dalam keterangan persnya pada hari Senin, 15 Juli 2019, yang mengharapkan Prof Dr Ir H Rokhmin Dahuri, MS. dipercaya menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) dalam pemerintahan Presiden Ir H Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Prof Dr KH Ma’ruf Amin periode 2019-2924.

Ketua Umum FNI Rusdianto Samawa menegaskan jika sosok atau figur Rokhmin Dahuri dianggap bisa merealisasikan visi Poros Maritim Dunia berkelanjutan yang menjadi visi Presiden Jokowi dalam periode 2014-2019. Disamping itu Rusdianto menilai jika Rokhmin Dahuri sudah memiliki agenda pembangunan kelautan-perikanan yang selama ini cukup matang dan dapat diterima oleh publik secara luas. Dan FNI dengan tegas menyatakan untuk Rokhmin Dahuri menjadi Menteri KKP tidak diragukan lagi.

Bahkan karena begitu kuat referensinya, pimpinan Indonesia Coruption Watch (ICW) Emerson juga pernah menemui Rokhmin Dahuri, memperbincangkan calon legislatif (caleg) baik DPR maupun DPRD yang high cost yang disepakati mesti dicari pola yang ongkos politik itu tidak terlalu besar.

Sebab Rokhmin Dahuri yang Ketua DPP PDI Perjuangan bidang maritim disetiap menjadi narasumber kerap menyatakan bahwa pendapatan perkapita masyarakat Indonesia masih jauh dari tuntutan kebutuhan hidupnya dan masalah sosial ekonomi serta kesenjangannya yang masih tinggi, menjadi tantangan bagi pembangunan nasional.

Prinsip untuk bisa merealisasikan visi Poros Maritim Dunia yang dipegang teguh oleh Rokhmin Dahuri, pada 18 Juli 2019 di Hotel Aryaduta Jakarta Pusat, akan disampaikan dalam Workshop Nasional bidang Kemaritiman dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang mengangkat tema ‘Pembangunan Kemaritiman Menuju Visi Indonesia Sebagai Pusat Peradaban Maritim Dunia’.

Dalam catatan Ketua Umum Bala Rokhmin Teddy Syamsuri, selain Rokhmin adalah asli anak nelayan yang dilahirkan dan dibesarkan di kampung nelayan Desa Gebang Mekar, Kecamatan Gebang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pendidikan sekolahannya berlangsung linear. Setelah lulus SMA Negeri II Cirebon dengan bea siswa, raih diploma S1 (insinyur) Fakultas Perikanan Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 1982, dilanjutkan dengan beasiswanya meraih diploma S3 (doktor) di Delhouse University Halifax Kanada tahun 1991. Menyusul dianugerahi menjadi Guru Besar IPB bidang pesisir dan pulau-pulau kecil.

“Pak Rokhmin menjadi Ketua Umum Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI), Wakil Ketua Dewan Pakar Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Pusat, bahkan dianugerahi menjadi Duta Besar Kehormatan Korea Selatan di Indonesia untuk Provinsi Kepulauan Jeju dan Kota Metropolitan Busan, merupakan suatu bukti jika Rokhmin Dahuri sangat pantas, benar dan tepat untuk dipercaya menjadi Menteri KP dalam Kabinet Indonesia Kerja keduanya”, ujar Teddy Syamsuri yang juga Sekretaris Dewan Pembina Seknas Jokowi DKI dalam rilisnya kepada pers (15/7/2019).

Menurutnya terkait dengan lima butir Visi Indonesia yang disampaikan oleh presiden terpilih Jokowi pada hari Minggu petang, 14 Juli 2019 di Sentul Internasional Convention Center (SICC) Bogor, Jawa Barat. Rokhmin yang berdarah orang pesisir yang sampai saat ini masih dipercaya menjadi Ketua Umum Dulur Cirebonan (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan atau Ciayumajakuning) se Jabodetabek, serta dengan segudang status yang ada pada dirinya, diyakini Rokhmin Dahuri berani melaksanakan Visi Indonesia dibidang kemaritiman, khususnya sektor kelautan-perikanan.

“Keyakinan ini juga didorong kuat oleh kaum nelayan, masyarakat pesisir, petani budi daya tambak dan rumput laut, pengusaha industri perikanan, serta para bakul usaha tangkap dan pengasin ikan di Pantai Utara Laut Jawa (Pantura), agar Rokhmin Dahuri diusulkan menjadi Menteri KP guna mensejahterakan masyarakat Pantura dari masalah sosial ekonomi dan kesenjangannya yang masih sangat tinggi karena kurang mendapat perhatian bahkan terkesan masih termarjinalkan akibat salah urus pemerintah yang berkompeten mengurusinya dan masih asyik berselancar dengan populeritas yang belum menyentuh untuk hidup kaum nelayan sejahtera”, imbuh Teddy Syamsuri yang juga Ketua Umum Lintasan ’66.

“Kami punya keyakinan namun tanpa mengurangi rasa hormat kami atas hak prerogatif Presiden Jokowi untuk memilih dan menetapkannya. Semoga saja pilihan yang ahlinya menjadi skala prioritas pilihan Presiden Jokowi, karena akan sebaliknya menjadi kerusakan jika yang ahlinya tidak dijadikan pilihan. Pasalnya sektor kelautan-perikanan adalah sektor yang paling kompleks untuk diurus. Insya Allah dengan Prof Rokhmin Dahuri dipercaya, pendapatan anggaran negara bisa surplus serta Indonesia bisa menjadi negara maju, adil, makmur yang mampu berkompetisi dengan persaingan global”, pungkas Ketua Umum Bala Rokhmin Teddy Syamsuri yang didampingi Koordinator Lapangan Bala Rokhmin Pantura, Eddy Samsuri, Jay dan Maiz.

(PR

No Response

Leave a reply "Jika Dipercaya Jadi Menteri KKP, Rokhmin Dahuri Berani Laksanakan Visi Indonesia Presiden Jokowi Di bidang Kemaritiman"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.