by

HANYA DISERTU, JALAN PROVSU PARMAINAN LONGSOR LAGI

aspa

PALAS detikperistiwa.com–Kondisi jalan provinsi sumut (Provsu) di Desa Parmainan Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), Kabupaten Padsng Lawas (Palas), sampai saat ini belum menunjukkan perbaikan jalan yang signifikan. Pasalnya, ada dua titik kerusakan badan jalan provsu di Desa Parmainan ini yang sangat parah dan sudah dua tahun terjadi, tapi sampai kini belum juga ada perbaikannya.

Pantauan wartawan di titik badan jalan dekat MDA Desa Parmainan yang rusak dan berlubang dengan kedalaman 50 hingga 70 centimeter, membuat badan jalan provsu terputus. Pasalnya, ada tiga lubang yang mengangan di titik jalan tersebut. Masing-masing lubang, rata-rata berdiameter 5 hingga 7 meter. Menurut warfa setempat, di titik kerusakan badan jalan ini sering terjadi laka lantas.

Kemudian, sejauh sekitar 500 meter dari jalan yang berlubang itu, di titik badan jalan provsu di Desa Parmainan bagian julu, kembali mengalami longsor dan hanya menyisakan sekitar satu meter lagi aspal jalan. Jalan provsu yang longsor ini sudah terjadi setahun yang lalu.

Memang, baru-baru ini, ada pihak yang belum diketahui dari mana, telah menyerak kerikil sertu dan membuat benteng dengan karung di badan jalan yang longsor tersebut, untuk menutup badan jalan yang longsor. Akan tetapi, saat hujan deras turun, jalan kembali longsor dan menciptakan lubang jalan yang menganga cukup dalam.

Kepala Desa Parmainan, Kumpul Hasibuan, , Rabu (8/2) menyebutkan, pihaknya belum tahu siapa yang menyerak kerikil sertu dan menutup jalan yang longsor tersebut. Tapi, dengan diseraknya kerikil sertu di jalan yang longsor, dirasa cukup membantu bagi pengguna jalan.

“Memang, dengan diseraknya kerikil sertu di jalan yang longsor itu, sementara ini cukup membantu bagi pengguna jalan. Tapi, itukan sifatnya sementara, buktinya saat hujan turun, jalannya longsor lagi,” ucap Kumpul.

“Sudah seharusnya jalan provsu yang longsor dan yang berlubang dalam dan lebar, yang ada di desa kami ini, segera diaspal. Soalnya, sudah banyak korban lakalantas di jalan yang rusak itu. Apa harus menunggu jalannya benar-benar putus dan korban lakalantas banyak berjatuhan, baru jalannya diperbaiki, ya,” ujarnya.

Senada itu, Sail, satu pengguna jalan, saat melintas di jalan longsor di Desa Parmainan itu mengatakan, sudah semestinya pemerintah memperhatikan dengan serius dan segera melakukan perbaikan atas kerusakan badan jalan yang ada di daerah ini.  “Sarana jalan merupakan urat nadi perekonomian masyarakat. Karena jalan rusak seperti ini, selain menyebabkan terjadinya kecelakaan, juga sering membuat antrian kenderaan dan mengganggu kenyamanan berlalulintas di jalan,” katanya.

Soalnya, lanjut dia, sering kali terjadi antrian truck-truck fuso maupun bus-bus saat melintasi jalan rusak ini, yang mengakibatkan pengguna jalan harus menghabiskan waktunya berlama-lama, karena terjadinya antrian kenderaan saat melintasi jalan yang rusak. “Pemprovsu harus cepat dan tanggap untuk segera memperbaiki kerusakan jalan di daerah ini,” harapnya. (Maulana Syafii).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed