WARGA BINAAN DAN TNI TANAMAN TOGA

No comment 624 views

TOG

ROKAN HULU detikperistiwa.com –  Koramil 02 Rambah bersama keluarga besar Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pasir Pangaraian termasuk napi penghuni Lapas melaksanakan olah raga senam Aerobic bersama, dilanjutkan dengan menanam apotik hidup  atau Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi menjelaskan kegiatan olahraga bersama selain untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan juga dapat menjadi salah satu cara guna menjalin silaturahmi.

“Saya harap pada saudara-saudara untuk selalu taat melaksanakan ibadah, semangat, disiplin  serta bisa menjaga kesehatan dan jangan merasa dikucilkan. Carilah kawan atau teman untuk menambah saudara dimanapun kita berada,” ungkap Danramil di Lapangan kompleks Lapas II B Pasir Pangaraian-Rokan Hulu (Rohul)  Jumat (10/2).

Usai melaksanakan olahraga senam Aerobic, Danramil 02 Rambah langsung melanjutkan kegiatan penanaman budidaya TOGA, tanaman obat tersebut dapat dimanfaatkan untuk pencegahan awal penyakit ringan.
“Ya ini bagus sekali inisiatif dari  Kalapas memanfaatkan pekarangan di sekelilingnya dengan cara membuat menanam tanaman obat seperti jahe, kunyit, sirih, kencur, temulawak dan lainnya,” terangnya.

 

“Untuk mengenal kembali tradisi mengenai pengobatan herbal sehingga penyakit ringan dan sederhana dapat ditanggulangi dengan tanaman obat yang ada di sekitar kita,” sebutnya.

Tambahnya, pentingnya persedian TOGA. Semua tanaman itu memiliki fungsi dan manfaat untuk kesehatan,” tandas Danramil.

Di tempat yang sama, Kalapas Klas II B Pasir Pangaraian, Muhammad Lukman, mengatakan, untuk meningkatkan keagamaan napi penghuni Lapas yang khusus beragama nasrani kedepan pihaknya akan berupaya membuat tempat ibadah.  “Guna meningkatkan keagamaan, khususnya yang beragama nasrani. Kedepan kita akan membuat tempat ibadah,” teranganya.

Kalapas juga menghimbau agar warga binaanya untuk selalu menjauhi pelangraran atau masalah yang dapat merugikan diri sendiri.  “Ya kedepan kalau sudah semakin baik, maka kita akan meningkatkan jadwal berkunjung atau bertamu,” tutup Kalapas.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Para Bintara Pembia Desa (Babinsa) Koramil 02 Rambah, Ibu-ibu Darmawanita lingkungan Lapas, Staf serta ratusan warga binaan (dedi/r/lbs/win) .

No Response

Leave a reply "WARGA BINAAN DAN TNI TANAMAN TOGA"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.