TEMPAT BERSEJARAH TERBENGKALAI, HUMAS BPPKB RANTING PASIR GADUNG ANGKAT BICARA

Tangerang, detikperistiwa.com – Temapat bersejarah sangat erat kaitannya dengan jati diri suatu daerah diseluruh dunia, begitu pula di indonesia ada begitu banyak peninggalan warisan leluhur, bahkan untuk sebagian orang tempat tersebut dianggap sebagai cikal bakal terbentuknya suatu daerah.

Namun ironisnya tidak sedikit pula masyarakat yang melupakan bahkan menutup mata terkait keberadaan tempat – tempat yang dianggap memiliki nilai sejarah tinggi.

Seperti yang terjadi di Desa Pasir Gadung Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang, terdapat sebuah Sumur Tua dimana masyarakat sekitar menyebutnya Sumur Parigi. Sumur tersebut menyimpan sejuta kenangan bagi masyarakat setempat, namun saat ini seiring berjalannya waktu situs tersebut terabaikan.

Mohammad guruh, SH, salah satu Putra Daerah serta Selaku Humas BPPKB ranting Desa Pasir Gadung mengeluhkan sikap Aparatur Desa setempat yang dianggap tutup mata dan tak ada inisiatif untuk melestarikan keberadaan Situs tersebut .

” menurut saya sumur Parigi ini termasuk cagar budaya, dimana menurut undang undang Nomor 11 tahun 2010, cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur Cagar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah “ungkapnya belum lama ini.

Dia menjelaskan, saat meninjau lokasi dirinya manemukan bangunan semi -permanen yang diduga kuat tidak memiliki izin berdiri di area tersebut, persoalan ini terjadi karena dari awal Pemerintah Desa setempat tidak memprioritaskan hal semacam ini sedangkan untuk sekarang Pemerintah Desa Pasir Gadung sudah memiliki Dana Desa dimana pengalokasian dana tersebut untuk kepentingan dan kemajuan desa itu sendiri.

” menurut saya pemerintah Desa harus segera melestarikan tempat tersebut yang jelas – jelas merupakan Situs bersejarah serta melarang seseorang untung mendirikan bangunan diarea itu, karena melanggar Perda kab. Tangerang nomor 10 tahun 2001 tentang IMB, saya akan berkoordinasi ke Satpol PP Kecamatan Cikupa, bila perlu saya akan menurunkan semua anggota kami untuk menertibkannya jika terbukti tidak berizin “. Tegasnya “(Ikmal).

No Response

Leave a reply "TEMPAT BERSEJARAH TERBENGKALAI, HUMAS BPPKB RANTING PASIR GADUNG ANGKAT BICARA"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.