by

Gempa Berkekuatan 4,4 Skala Richter Bikin Panik Warga, Se Kabupaten Enrekang

ENREKANG-Gempa yang berpusat di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan  dengan kekuatan 4,4 Skala Richter (SR) guncangannya dirasakan hingga ke wilayah Kota  Kabupaten Enrekang Senin (19/8/2019).

Hal itu, membuat warga sebagian panik. “Saat saya rasa getaran gempa saya langsung keluar saya sedang nonton televisi, tiba-tiba saya rasa ada bergoyang dan awalnya dikira hanya tertiup angin,” katanya.

“Tapi getarannya semakin kencang dan kami langsung lari keluar rumah,” kata warga  Kota Enrekang Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Ernawaty.

Akibat getaran gempa itu sebagian warga serta para pegawe yang ada di instansi kepemerintahan Kabupaten Enrekang pun terlihat panik dan berhamburan keluar kantor sambil mengucap doa.

Hingga saat ini warga pun masih meng khawatirkan terjadi gempa susulan yang kekuatannya lebih besar. “Sehingga, sebagian masyarakat memilih untuk berjaga-jaga mengantisipasi adanya gempa susulan,” imbuhnya.

Getaran gempa yang berpusat di 3.51 lintang selatan, 119.69 bujur Timur 9 KM Barat Laut Enrekang dengan kedalaman episentrum gempa 10 km di bawah permukaan laut yang terjadi sekitar pukul 14.59 Wib pada Senin sore juga dirasakan warga Kabupaten Enrekang.

Seperti dirasakan Ernawaty  warga Kota Enrekang menyebutkan saat kejadian ia sedang asyik masak di warungnya.

Namun, merasakan getaran hingga lari ke luar dan ia pun sempat panik karena getaran gempanya cukup terasa kencang

“Saya lari keluar  langsung berteriak ada gempa suami saya yang sedang tidur langsung kaget dan lari keluar dan baru berani masuk ke dalam rumah setelah beberapa menit gempa berlalu,” ujarnya

Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada pukul 14.57 Wib, dengan Kekuatan gempa dirasakan dalam skala MMI III, artinya berkekuatan lemah dan tidak berpotensi merusak.

BMKG Pusat mengatakan Lokasi gempa berada di koordinat 3,51 Lintang Selatan dan 119,69 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di darat, 9 Km Barat Laut Enrekang dengan kedalam 10 Km. Belum ada informasi lebih lanjut akibat gempa ini tersebut

(Mat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed