by

PILKADA BANTEN: KAPOLRI MINTA POLDA BANTEN DAN METRO JAYA KOORDINASI

TANGERANG detikperistiwa.com–-Kapolri Jendral Tito Karnavian meminta kepada Polda Metro Jaya dan Polda Banten agar terus melakukan koordinasi terkait keamanan pelaksanaan Pilkada di Provinsi Banten. Pasalnya berdasarkan penghitungan perolehan suara versi Quick count antara pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Banten Nomor Urut 1, Wahidin Halim-Andika Hazrumi dan pasangan Nomor Urut 2, Rano Karno- Embay Mulya Syarief, sangat tipis.

 

“Ini sangat rawan. Karenanya harus dikawal hingga real count nanti,” kata Kapolri Jendral Tito Karnavian, di hadapan Kapolda Metro Jaya, Irjen M Iriawan serta tiga Kapolres dan pimpinan wilayah di Tangerang Raya (kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangerang Selatan) di Polres Metro Tangerang, kemarin.

 

Kemudian, di tiga wilayah ini, kata Kapolri, sebagian wilayahnya berada di bawah Polda Metro Jaya dan sebagian lagi berada di Polda Banten, sehingga perlu koordinasi untuk mengantisipasi kerawanan dalam perjalanan penghitungan suara tersebut.

 

Namun demikian, kata Kapolri, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada semua unsur di Banten, yang telah melaksanakan Pilkada dengan lancar dan aman. Hal  itu merupakan bukti masyarakat Benten sudah dewasa dalam melaksanakan pesta demokrasi.

 

Kondisi tersebut, kata Kapolri, juga terjadi di beberapa daerah yang menyelenggarakan Pilkada secara serentak pada 2017 ini. “Sampai hari ini saya belum menerima laporan soal ada nya insiden yang signifikan di Pilkada serentak ini,”  kata Kapolri

 

Termasuk di DKi Jakarta yang sebelumnya dinyatakan rawan. ” Alhamdulillah sampai saat ini di DKi Jakarta Juga aman” kata dia. Begitu juga di Aceh, karenanya, kata Kapolri, besok dirinya akan berangkat ke Aceh untuk melakukan istigosah  bersama 6 pasangan calon.

 

Sementara itu Kapolda Metro Jaya, Irjen M. Iriawan mengatakan dalam meningkatkan keamanan  pasca Pilkada Banten, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Polda Babten dan Unsur pimpinan di tiga wikayah Tangerang Raya.

 

“Sampai saat ini kondisi di Banten masih aman, kita tetap siaga dengan cara menempatkan petugas di lapangan untuk terus mengawal proses Pilkada tersebut,” kata dia.  (CAK)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed