by

KEGIATAN BPS ROHUL TERKESAN TERTUTUP UNTUK WARTAWAN

ROKAN HULU detikperistiwa.com-–Kegiatan  Pelantihan Calon Petugas Lapangan Survey Sosial Ekonomi Nasional Maret 2017 digelar  pihak Badan Pusat Stastistik (BPS) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) disalah satu ruangan pertemuan Hotel Sapadia Pasir Pengaraian Jumat, (17/2) dinilai tertutup untuk insan pers.

Salah satu  oknum dari pejabat penyelenggara tak hendak diwawancara wartawan. Langsung menjawab  “Maaf ya, kami tidak bisa memberikan pernyataan, karena publikasi, harus Izin pimpinan,” kata salah satu oknum penjabat BPS Rohul yang tidak mau memberi tahu namanya kepada awak media yang mengadakan liputan di tempat tersebut.

Saat ditanya, mengapa kegiatan itu tidak bisa diekspose,.jawab  penjabat BPS Rohul untuk ekspose “Kami sampaikan dulu ke Pimpinan,” sebutnya.

“Hari Senin depan kan, bisa datang ke Kantor,” katanya lagi.

Malah sewaktu awak media melakukan perekaman, terkait pertanyaan kenapa acara terkesan tertutup, staf tersebut malah balik bertanya kenapa harus direkam dan menyatakan kalau tindakan perekaman tersebut ilegal.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Forum Solidaritas Wartawan Rohul (Foswar) Kabupaten Rohul, Yusrizal Tamrin Tambusai, sangat menyayangkan pada kegiatan pihak BPS Rohul itu yang enggan diekspose ke publik. “Mengapa harus ada Izin pimpinan, sementara panitia kan ada,” tanyaknya dengan heran.

Sementara Pelantihan Calon Petugas Lapangan Survey Sosial Ekonomi Nasional Maret 2017 itu lanjutnya, seharusnya diketahui masyarakat luas. “Kegiatan pemerintahkan tidak harus ditutup-tutupi, karena harus diketahui publik. Untuk publikasi sendiri sudah diatur pada Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik,” ujarnya.

“Kemudian tentang pers atau Wartawan sudah diatur melalui Undang-Undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” tutup  Ketua Foswar Rohul. (FW/Lis).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed