by

CAMAT SOSA LEPAS PAWAI TA’ARUF MTQN KE-10

 Keterangan gambar : Camat Sosa, H. Asnan Lubis, SH didampingi jajaran Muspika Sosa, para kades se-Sosa, Pengurus OKP dan masyarakat melepas pawai ta'aruf MTQN Ke-10. (Maulana Syafii).
Keterangan gambar : Camat Sosa, H. Asnan Lubis, SH didampingi jajaran Muspika Sosa, para kades se-Sosa, Pengurus OKP dan masyarakat melepas pawai ta’aruf MTQN Ke-10. (Maulana Syafii).

PALAS detikperistiwa.com–Perhelatan musabaqah tilawatil qur’an nasional (MTQN) ke-10 tingkat Kecamatan Sosa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), secara resmi dimulai berlangsung selama tiga hari, Jumat-Minggu (17-19/2), ditandai dengan pelepasan pawai ta’aruf oleh Camat Sosa, H. Asnan Lubis, bertempat kompleks Ponpes Aljumhuriyah, Desa Ujung Batu.

Hadir di acara itu, jajaran Muspika Sosa, Kapolsek Sosa, Danramil 09/Sosa, Kepala KUA Sosa, Ketua MUI Sosa, para kepala desa se-Kecamatan Sosa, pengurus OKP dan masyarakat. Terlihat ratusan orang terdiri dari siswa SD/MIS, SMP/MTs, kelompok pengajian ibu dan kelompok PNNB Desa Ujung Batu, mengikuti pawai ta’aruf MTQN, yang dimeriahkan dengan penampilan marchin band.

“MTQN merupakan kegiatan keagamaan rutin tahunan yang telah diprogramkan  Pemkab Palas setiap tahunnya, sebagai ajang perlombaan bagi warga masyarakat dan kalangan pendidikan di bidang tilawatil qur’an dan cabang-cabangnya,” ucap H. Asnan.

Pihaknya berharap, lewat kegiatan MTQN ini, akan lahir qori qoriah dan hafiz hafizah penghafal qur’an dari Kecamatan Sosa, yang akan diutus untuk mengikuti kegiatan MTQN baik di tingkat kabupaten, provinsi bahkan hingga ke tingkat pusat, ujarnya.

Sementara itu, didampingi Sekretarisnya H. Marasaib Harahap, Ketua Panitia, H. Puli Hasibuan menyebutkan, sedikitnya ada sekitar 500-an peserta, utusan dari 39 kafilah yang berasal dari desa-desa se-Kecamatan Sosa.

“Pada MTQN tahun 2017 ini, untuk kategori MTQ ada 10 cabang perlombaan putra dan putri seluruh tingkatan dan untuk kategori qira’atul kutub ada sebanyak 12 cabang perlombaan, untuk seluruh tingkatan putra dan putri,” sebutnya.

“Kita berharap, kegiatan MTQN di Kecamatan Sosa tahun 2017 ini, dapat berjalan lancar, tertib dan aman. Partisipasi dan peran serta warga masyarakat setempat sangat kita harapkan bersama. Untuk penjurian perlombaan kita berharap dapat berjalan dengan seadil-adilnya, sesuai kapasitas dan kemampuan peserta,” pungkasnya. (Maulana Syafii).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed