by

SIDANG KASUS SENGKETA TANAH WARISAN ANTARA TALIBE DAN H NASIR DIGELAR DI PN BONE

BONE–Gugatan kasus sengketa lahan di Desa Kampoti, Kecamatan Dua Boccoe telah disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Bone.

Sidang antara penggugat Talibbe dan yang digugat H Nasir beserta tergugat lainnya 6 yang tergugat tidak semua hadir pada saat sidang digelar.

Hanya sebagian saja yang mengikuti persidangan, sebab para tergugat berhalangan ketika menemui para tergugat tidak ada di tempat, ada yang di Jakarta dan di luar rumah.

Sidang ini memasuki sidang ke 2, sidang pertama digelar pada Rabu 25 September 2019, namun ditunda, karena Orang Tua Hakim Ketua Meninggal dunia, sehingga sidang saat itu ditunda.

Diungkapkan Hakim Ketua Dewa G Budhy D A SH MH kepada awak media bilamana sidang selanjutnya para tergugat tidak hadir pada persidangan, mereka akan rugi sendiri tidak ada pembelaan haknya masing-masing.

“Nah kalau sudah lengkap, di antara tergugat dan penggugat kita akan lakukan jalur mediasi estimasi waktunya selama 30 hari, sesuai Oerma Nomor 1 tahun 2016 SKMA 108 tahun 2016 tentang mediasi,” katanya.

“Oleh pihak mediator yang telah bersertifikat dan masing-masing pihak menunjuk siapa mediator yang kendati pakai, baik di luar pengadilan maupun dalam pengadilan tergantung dari mereka yang membedakan kalau mediator,” katanya.

Dalam pengadilan tak menggunakan biaya, sementara yang di luar pengadilan ada costnya “Membayar denda, tergantung kesepakatannya,” ungkap Hakim Ketua,

“Semoga sidang berikutnya para tergugat akan hadir,” harapnya.

Adapun para tergugat, H Nasir, Mude, H Runding, Hj Indo Upe, Dg Magassing dan Ketua GMPK Bustan Dg Tunru SH.

Ppara tergugat 1 sampai dengan V menguasai sebidang tanah milik Alang yang merupakan warisan Almarhum H Rimi dengan bukti kepemilikan Sertifikat hak milik No 268 yang dikeluarkan BPN kabupaten Bone tahun 1986.

Dengan berdasar PP 24 tahun 1997 tentang pertanahan luas lahan tersebut 5.144.m2.

(ani hasan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed