by

ANGGOTA KORAMIL 14/KPN KODIM 0313/KPR DAN POLSEK KEPENUHAN SOSIALISASI PADA MASYARAKAT CEGAH PAHAM RADIKALISME DAN TERORISME

ROKAN HULU- Anggota Koramil 14/Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Sertu Irwan Maha Putra dan Sertu Muhammad Hatta bersama Anggota Polsek Kepenuhan Bripka Andi Rahmad Hasibuan dan Bripka Mara Hasibuan melaksanakan sosialisasi guna pencegahan paham radikalisme dan terorisme melalui kegiatan komunikasi sosial (Komsos) dengan komponen masyarakat di Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rohul, Selasa (15/10/2019)

Melihat perkembangan situasi yang baru – baru ini terjadi tentang adanya terorisme dan paham radikal, perlu memaksimalkan peran Bintara Pembina Desa (Babinsa) dalam upaya pencegahan terorisme dan radikalisme di seluruh wilayah.

Seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 14/Kepenuhan bersama dengan Anggota Polsek Kepenuhan melakukan kegiatan komunikasi sosial dan silaturahmi dengan para tokoh di wilayah desa binaannya,

Dalam kegiatan tersebut, Sertu Irwan Maha Putra menyampaikan tentang bahaya radikalisme dan terorisme kepada warga masyarakat agar tidak terjadi kesalahan dalam mengerti dan memahami paham menyesatkan tersebut.

“Radikalisme dan terorisme adalah musuh negara dan sangat bahaya sekali. Orang-orang yang telah dimasuki paham tersebut akan selalu mengkampanyekan intoleransi, antikebhinekaan. Kelompok ini cenderung menggunakan cara-cara kekerasan untuk mencapai tujuan dan tidak jarang mereka melakukan aksi-aksi yang bisa membahayakan keselamatan manusia,” terang Sertu Irwan Maha Putra.

Bripka Andi Rahmad Hasibuan mengatakan dalam menangkal kedua paham yang berbahaya tersebut, dalam hidup ini, harus memahami kemajemukan atau keberagaman, jangan termakan doktrin-doktrin yang menyesatkan apalagi bertentangan dengan ajaran agama dan ideologi Pancasila, menggunakan media sosial harus bijak, karena kebanyakan dari kelompok ini menyebarkan ajarannya memanfaatkan kemajuan teknologi pada zaman sekarang.

Ia juga mengimbau, bila ada tindak- tanduk orang yang mencurigakan untuk melaporkan kepada petugas. Ia juga mengajak untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Sertu Muhammad Hatta berharap dengan Komsos ini bisa mempersatukan masyarakat guna menangkal berkembangnya paham radikalisme dan terorisme.

“Untuk itu mari kita bersinergi melawan gerakan radikalisme dan terorisme. Apalagi kedua gerakan ini sangat bertentangan dengan ajaran agama dan ideologi Pancasila. Apalagi dalam agama kita Islam tidak mengajarkan kekerasan,” tegasnya.

“Tugas kami para Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD diwilayah mempunyai peran penting dalam melakukan deteksi dan cegah dini akan semua tindakan yang bertentangan dengan Pancasila serta ancaman bagi kedaulatan NKRI,” tutupnya.

(PR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed