by

CURAH HUJAN TINGGI SUNGAI BATANG SUMPUR MULAI MELUAP

PASAMAN,detikperistiwa,com- Warga Nagari Jambak, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman mulai siaga banjir. Sebab, beberapa minggu belakang ini curah hujan semakin tinggi sehingga debet air di beberapa batang sumpur semakin tinggi.

“Kami mulai siaga pak, sebab hujan hingga kini belum juga berhenti. Air Batang Sumpur Jambak juga mulai naik,” kata salah seorang warga Nagari Jambak, Andra kepada detikperistiwa.

Air sungai tersebut sudah mulai naik sekitar 60 centimeter dari biasanya, namun belum sampai merendam rumah warga. Melihat volume air yang mulai naik, warga mulai waspada dan siaga. Selain itu, Nagari Jambak merupakan daerah rawan bencana banjir di Pasaman.

Dalam tahun ini, menurut Andra, sudah lebih dua kali terjadi banjir di kampung tersebut. Bahkan, akses jalan pun pernah terputus. Seperti yang pernah terjadi di Kampung Kapalo Labuah, Jorong Induak Gadang, Nagari Jambak yang saat itu ada 32 unit rumah yang rawan banjir.

“Kami saat ini masih siaga di luar rumah memantau air Batang Sumpur yang makin membesar. Mudah-mudahan tidak terjadi banjir,” harapnya. (Era/Icuk Rz).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed