by

BUPATI PASAMAN : MASA BERLAKU KTP ELEKTRONIK TIDAK HALANGAN SETIAP BER-URUSAN

Pasaman,detikperistiwa.com-Bupati Pasaman Yusuf Lubis dalam surat edarannya beritahukan kepada seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Pasaman dan  melanjutkan surat edaran Menteri Dalam Negeri nomor 470/296/SJ tanggal 29 januari 2016 tentang KTP Elektronik (KTP-el) yang berlaku seumur hidup, berdasarkan Undang Undang nomor 24 tahun 2013 pasal 64 ayat (7) haruf a yang mengamanatkan bahwa KTP-el untuk warga Negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup, selanjutnya dalam pasal 101 huruf c dalam Undang Undang nomor 24 tahun 2013 tersebut diamanatkan bahwa KTP-el yang sudah diterbitkan sebelum Undang Undang 24 tahun 2013 ditetapkan  berlaku seumur hidup, dengan demikian KTP-el yang diterbitkan sejak tahun 2011  tetap berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya.

Dengan demikian Bupati melalui surat edarannya menyampaikan kepada satuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyelenggarakan pelayanan umum pemerintahan dan pelayanan public tetap menerima KTP-el yang  telah habis masa berlakunya.

Maka itu tidak ada alasan petugas pelayanan umum pemerintahan dan pelayanan public untuk tidak menolak berkas sipemohon yang telah melampirkan KTP-el yang telah habis masa berlakunya, karena sesuai ketentuan telah dinyatakan berlaku seumur hidup.

Khusus kepada Camat dan Wali Nagari agar menginformasikan kepada seluruh masyarakat diwilayah kerjanya sehingga tidak terjadi keraguan ditengah masyarakat, pinta Bupati dalam surat edarannya. (di/ Rz).

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed