by

Pembentukan Karakter Anak Dari Pendidikan Agama Di Sekolah

Sragen – Babinsa Desa Sunggingan Sertu Mukmin melaksanakan komsos dengan Kepala SMK AT – Taqwa Dk.Pondok,Desa Sunggingan Kec.Miri, Kamis (31/10/2019).

Menurut Sertu Mukmin periode usia sekolah merupakan masa pembentukan nilai-nilai agama.

Kualitas keagamaan anak akan sangat dipengaruhi oleh proses pembentukan atau pendidikan yang diterimanya.

Pendidikan agama (pengajaran, pembiasaan, dan penanaman nilai-nilai) di sekolah haruslah menjadi perhatian semua pihak yang terlibat dalam pendidikan di sekolah, bukan hanya guru agama tetapi kepala sekolah dan guru-guru lainnya.

Apabila semua pihak yang terlibat tersebut telah memberikan contoh (suri tauladan) dalam melaksanakan nilai-nilai agama yang baik, maka pada diri peserta didik akan berkembang sikap positif terhadap agama dan pada gilirannya akan berkembang pula kesadaran beragama pada dirinya.

Lanjutnya,  pendidikan agama di sekolah merupakan dasar bagi pembinaan sikap positif terhadap agama dan berhasil membentuk pribadidan akhlak anak.

“ Pendidikan tidak hanya mendidik para peserta didiknya untuk menjadi manusia yang cerdas, tetapi juga membangun kepribadiannya agar berakhlak mulia. pendidikan karakter dijadikan sebagai upaya memperbaiki karakter anak bangsa yang semakin hari semakin mengalami degradasi,“ ujarnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed