by

Sebanyak 210 Peserta Dari Enrekang  Ikuti Porseni Tingkat Sulsel Di Kabupaten Barru

 


ENREKANG–Sebanyak 210 peserta dari se Kabupaten Enrekang  memadati Lapangan Batili Jln Siliwangi, Kelurahan Galonta, Kapupaten Enrekang , Rabu (20/11/2019)

Hal itu,  dalam Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni)  Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 5 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan

Kegiatan kali ini dipusatkan di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan  dengan tema yang diusung yaitu  ‘Membangkitkan Kesadaran Kolektif Guru dalam Meningkatkan Disiplin dan Etos Kerja Untuk Penguatan Karakter guru’

Kegiatan ini dibuka langsung Bupati Enrekang Muslimin Bando, dihadiri Sekretaris Daerah, Drs H Chairul Latanro, MM, Kadis Pendidikan  Jumurdin Ketua PGRI, Drs H Haidar MM Sekretaris PGRI.

Kemudian,  sejumlah Muspida Enrekang  para guru, kepala sekolah se Kabupaten Enrekang dan lainnya.

Bupati Enrekang H Muslimin Bando memberi arahan kepada seluruh kontingen yang hadir dan menegaskan bahwa kegiatan Porseni tidak hanya sekadar ajang pertandingan untuk mencari siapa yang juara

“Tetapi harapan sesungguhnya Porseni adalah salah satu wadah untuk memperkuat ukhuwah silaturrahim sebagai guru serta mampu meningkatkan eksistensi PGRI sebagai organisasi profesi dan membangun solidaritas serta kesetiakawanan anggota,” katanya.

Selain itu, lanjutnya perhelatan ini diharapkan mampu meningkatkan semangat anggota dan menggugah pihak lain untuk berperan maksimal dalam memuliakan guru, menjadikan guru sebagai profesi yang kuat dan bermartabat dan meningkatkan mutu pendidikan khususnya kabupaten enrekang  dalam sistem pendidikan berkualitas.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan Porseni PGRI Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini, selain untuk memupuk persaudaraan antara anggota PGRI dalam rangka membangkitkan semangat profesional yang bermartabat juga sebagai ajang seleksi untuk pelaksanaan Porseni PGRI tingkat Nasional.

Bupati Enrekang  juga berpesan kepada peserta bahwa melalui Porseni dalam rangka Hari Ulang Tahun PGRI yang ke 74 bahwa sebagai guru dalam mendidik siswa disekolah harus menerapkan asas disiplin dan menjadi pendidik yang mempunyai prilaku yang baik.

“Sehingga dapat dicontoh oleh para peserta didik kita masing masing, karena sesungguhnya guru adalah panutan bagi siswanya baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah,”sebutnya.

Bupati juga mengatakan bahwa suatu kehormatan bagi Kabupaten Enrekang serta kebanggaan ikut di pelaksanaan Porseni PGRI ke 5 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Kegiatan ini tidak saja sebagai sarana silaturahmi bagi sesama guru, namun juga sebagai upaya promosi wisata bagi daerah Kabupaten Enrekang Masserempulu,” imbuhnya

Di penghujung sambutannya, Muslimin Bando berharap kegiatan Porseni ini dapat berjalan lancar,  aman  dan sukses. Selain itu semua pihak dapat merasakan suasana yang nyaman selama kegiatan berlangsung.

Pembukaan ditandai dengan pelepasan penyerahan bendera kontiunen  yang dilakukan Bupati Enrekang di dampingi Wakil Bupati, Kadis Pendidikan Ketua PGRI enrekang dan Unsur Forkompinda

Adapun Cabang olah raga yang dipertandingkan pada Porseni kali ini diantaranya Bulutangkis, Catur, Futsal, Tenis meja, Tenis Lapangan, Sepak Takraw dan Senam PGRI.

Untuk cabang Seni meliputi Nyanyi Solo, Melukis, Mendongeng, Pengucapan Ikrar Guru, Tari Tunggal Nusantara dan MTQ. Sedangkan lomba kreatifitas guru akan diikuti jenjang TK hingga SMA/SMK.

(Rahmat Hidayat)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed