by

KEMENAG PASAMAN AJAK MASYARAKAT SADAR HALAL

Pasaman,detikperistiwa.com-Sosialisasi gerakan masyarakat sadar halal digelar dan diikuti oleh tokoh-tokoh masyarakat ranah Pasaman Rabu (22/3).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H.Abdel Haq didampingi Penyelenggara Syariah Hasyyunil mengabarkan kegiatan sosialisasi yang dilangsungkan di kantornya ini merupakan salah satu program Kanwil Kemenag Provinsi Sumatera Barat pada bidang Urais Binsyar.

Menurut hemat Abdel Haq, sosialisasi ini penting dilakukan guna mengajak masyarakat dan pelaku-pelaku usaha ekonomi yang ada di Pasaman untuk menomordepankan persoalan kehalalan produk yang dihasilkannya. Sembari mengutip sebuah firman Allah dalam al quran surat al maidah ayat 88 yang artinya “Dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayyib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya”.

Ia katakan segala yang dikonsumsi oleh masyarakat harus halal menurut syariat, apakah yang berhubungan dengan zatnya, cara mendapatkan, memproses, termasuk instrument, bahan-bahan yang menyertai produk tersebut harus betul-betul teruji kehalalannya.

Termasuk penyembelihan hewan harus sesuai dengan tuntutan Rasulullah Muhammad SAW, tegasnya.

Di samping itu, Abdel Haq juga mengingatkan termasuk alat-alat kosmetika yang dipakai kaum ibu dan wanita harus teruji kehalalannya.

Dalam wawancara eksklusif, Kabid Urais Binsyar H.Syamsuir kepada kontributor website  menyampaikan sesuai amanah Undang-Undang nomor 33 Tahun 2014 tentang jaminan produk halal, kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat sadar halal membenarkan sebagai program Kemenag khususnya di Sumbar yang bertujuan untuk menjadikan daerah ini sebagai destinasi halal atau daerah wisata halal.

Sumbar, tidak hanya terbilang atau terkenal dengan objek wisatanya juga kulinernya. Maka melalui gerakan masyarakat sadar halal, Kemenag bersama LPMUI dan BPPOM provinsi dapat menjamin kehalalan produk-produk baik pangan maupun lainnya yang dikonsumsi oleh masyarakat.

Pasaman merupakan kabupaten ketiga dari empat kabupaten di Sumbar menjadi lokasi pensosialisasian gerakan masyarakat sadar halal, terang Syamsuir.

Dijelaskannya, di tahun ini baru bisa melakukan di empat kabupaten karena melihat prospek daerah tersebut memiliki objek wisata dan industri ekonomi yang sampai saat ini belum pernah dilakukan kegiatan sosialisasi gerakan masyarakat sadar halal.

Mantan Kabid PHU itu meneruskan, melalui penyuluh agama, tokoh agama dan masyarakat serta pengurus masjid yang ada di ranah Pasaman dapat menjadi perpanjangtangan Kemenag dalam hal ini. Gerakan masyarakat sadar halal berorientasi mewujudkan masyarakat yang sehat jasmani dan rohani dan bahkan diyakininya akan memberikan dampak nilai tambah terhadap pengusaha makanan. Masyarakat akan lebih mau mengkonsumsi produknya karena terjamin kehigenisannya dan memiliki sertifikat halal dari pemerintah.

Halal tidak hanya dari zatnya juga dari kesehatannya, tancapnya.

Hasyyunil mengabarkan kegiatan sehari yang dibuka resmi oleh Kakankemenag Pasaman diikuti oleh sebanyak 30 peserta dari unsur penyuluh agama Islam kecamatan, pengurus masjid dan tokoh agama serta masyarakat di kecamatan se kabupaten bertempat di aula kankemenag setempat.(abie78/Rz)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed