by

KADES BONAN DOLOK DINILAI PALING MALAS KE KANTOR CAMAT

PALAS-Kendati Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), H. Ali Sutan Harahap pernah berpesan kepada para kepala desa (kades) di daerah Palas, agar lebih dekat dan menjalin hubungan harmonis dengan warga masyarakatnya. Bukan berarti sang kades lantas mengurangi kordinasi kerja atau berkomunikasi dengan pihak kecamatan, selaku pemerintah di atasnya dengan malas datang ke kantor camat.

“Soalnya, selaku pengguna anggaran dana desa, para kades dituntut aktif berkordinasi dengan pihak kecamatan, sehingga proses penyusunan rencana anggaran belanja (RAB), pelaksanaan kegiatan hingga pembuatan laporan dana desa-nya bisa sesuai dengan juknis dan aturan mainnya,” sebut Staf pada kantor Camat Sosa, yang tidak ingin dikorankan namanya, kepada wartawan, Kamis (23/3).

“Bila sang kades sudah malas berkunjung atau datang ke kantor camat, tentu akan mengganggu kinerja kita di sini, karena kita juga butuh data-data dari para kades. Contohnya, Kades Desa Bonan Dolok, Rapotan Nasution, yang sampai kini belum menyampaikan laporan kegiatan pembangunan dana desanya. Padahal kades yang lain sudah sibuk menyusun SPJ dana desa,” ungkap sang Staf.

Padahal, lanjutnya, saat ini, para kades se-Kecamatan Sosa sudah sampai pada tahapan penyampaian laporan SPJ dana desa, agar bisa segera disampaikan ke Pemkab Palas, untuk kesiapan mengejar percepatan pencairan dana desa tahun anggaran 2017 ini.

“Kalau laporan perkembangan pembangunan dana desanya saja belum sampai ke kami. Lantas, kapan lagi waktunya bagi Kades Bonan Dolok untuk menyiapan SPJ dana desanya. Akhirnya, karena kadesnya malas ke kantor camat, kinerja di Kantor Camat Sosa terkait SPJ dana desa akan terganggu,” pungkasnya.

Sementara, Camat Sosa, H. Asnan Lubis saat ditanyai wartawan menyebutkan, pihaknya juga merasa kewalahan melihat sikap dan kinerja Kades Bonan Dolok, yang seolah tidak bertanggung jawab atas pengelolaan dana desanya.

“Kita juga bingung melihat sikap dan kinerja Kades Bonan Dolok. Padahal, kita sudah sering ingatkan agar yang bersangkutan lebih rajin datang dan berkordinasi dengan pihak kecamatan. Apalagi saat ini banyak program dari Pemkab Palas, yang harus ditindak lanjuti para kades. Ini terkadang, ditelpon pun gak aktif HP-nya,” ujarnya.

“Kami berharap, Kades Bonan Dolok, Saudara Rapotan Nasution bisa memperbaiki sikap dan kinerja pemerintahannya. Apalagi dengan mitra kerja pemerintah, agar sikap dan kinerjanya bisa diperbaikilah,” pinta Camat Sosa.

Benar saja, ketika wartawan coba menemui Kades Bonan Dolok ke Desa Bonan Dolok yang berjarak sekitar 20 kilometer dari Kantor Camat Sosa, dengan kondisi jalan yang cukup buruk menuju ke desa itu, wartawan tidak berhasil menemuinya.

 Tapi, wartawan mendapatkan nomor HP sang kades dari seorang kades di Kecamatan Sosa dan sempat berkomunikasi dengan Kades Bonan Dolok, untuk janji bertemu. Namun, tepat pada jam yang telah dijanjikan untuk bertemu, sang kadespun tidak muncul. Ketika coba ditelpon ulang, kades tidak lagi menyahut. ( Maulana Syafii)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed