by

Menuju Pariwisata Berkelas Dunia, Dispar Persiapkan SDM

MOROTAI- Dinas Pariwisata Kabupaten Pulau Morotai telah mempersiapkan sumber daya manusia di bidang pariwisata dalam rangka menyambut kunjungan wisatawan sebagai 10 destinasi Prioritas.

Kepala Dinas Pariwisata Dra Ida RA Arsyad, M Si dalam release yang diterima media ini, Sabtu, (30/11/2019) menjelaskan, setelah penetapan Morotai sebagai 10 Bali Baru maka dibawah pemerintahan Benny Asrun telah membenahi sejumlah infrastruktur pariwisata baik pembangunan fisik maupun mempersiapkan Sumber Daya Manusia bagi pelaku usaha pariwisata yang bertujuan menyiapkan masyarakat Morotai untuk bersaing di pasar global.

Sejumlah SDM yang dilatih dalam rangka menyambut kunjungan wisatawan tersebut meliputi Pelatihan Tata Kelola Destinasi yang dilaksankan pada awal bulan November dengan mendatangkan narasumber dari Politeknik Pariwisata Manado dan dari Dinas Pariwisata.

Selain itu ada juga pelatihan pengembangan Destinasi Wisata Kuliner yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 November dengan mendatangkan Narasumber dari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Jakarta, Ketua PKK Kabupaten Pulau Morotai Ny. Sherly Tjoanda Laos yang juga istri dari Bupati Benny Laos, Crish Syamsudin dan Kepala Dinas Pariwisata.

Pelatihan ini menggunakan dua metode yaitu pemberian materi yang dilaksanakan di Ballroom Molokai Hotel dan Praktek pengembangan Destinasi Kuliner di pantai Army Doc.

Menurut Kadis, peserta yang dilibatkan dalam pelatihan ini sebanyak 50 orang yang terdiri dari pelaku usaha kuliner.
Lanjut Kadis pengembangan SDM juga di lakukan untuk pemandu wisata budaya yang dilaksankan selama 2 hari dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang perwakilan dari 5 kecamatan yang miliki potensi daya tarik objek wisata.

Pelatihan yang dimulai pada tanggal 25-27 November ini dilaksanakan dengan metode pemberian materi di Molokai Hotel dan praktek tour guide ke sejumlah objek wisata Budaya seperti Museum dan dipandu langsung oleh Narasumber dari Sekolah Tinggi Sahid Hotel, dan Universitas Khairun Ternate.

Tidak cukup sapai disitu Ida R A Arsyad yang baru sebulan menjabat sebagai kepala Dinas Pariwisata ini langsung tancap gas untuk melanjutkan pelatihan Tata Kelola Homestay yang dilaksankan pada tanggal 28 November.

Menurutnya pelatihan Tata kelola homestay merupakan pengelolaan Pariwisata yang berbasis masyarakat karena dilibatkan langsung sebagai pengelola akomodasi sehingga manfaatnya dapat dinikamti secara langsung bagi pengeola dan pemilik homestay.

Pelatihan Tata Kelola Homestay ini melibatkan 50 peserta sebagai pemilik Homestay dengan mendatangan narasumber dari Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid dan dri Dinas Pariwisata.

Selain pemberian materi yang berlangsung di Molokai Hotel para peserta juga diberikan kesempatan mengunjungi salah satu homestay untuk melakukan praktek.

Dalam waktu dekat juga kata Kadis, Dinas Pariwisata akan menggelar Pelatihan Life Guard serta Out Bond. Hal ini dilakukan untuk memperkuat SDM yang akan menjadi pemandu wisata di bidang ini.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Morotai masuk dalam 10 destinasi Prioritas, dengan demikian pesaing kita bukan lagi dalam negeri melainkn kita akan bersaing dengan negara-negara yang pariwisatanya sudah maju. Untuk itu selain membenahi infrastruktur pariwisata Pemerintah juga berkomitmen untuk memperkuat SDM bagi Pelaku Usaha Jasa Pariwisata, sehingga masyarakat kita tidak kalah bersaing dalam pelayanan terhadap wisatawan,” jelas Kadis

Kadispar mengakui, bahwa yang menjadi PR Pemerintah dalam bidang pariwisata selain penyiapan infrastruktur, juga bagaimana melakukan promosi-promosi dan kerjasama antar tour travel sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisman dan wisnus sebagaimana di targetkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta bagaimana berupaya sehingga para wisatawan betah tinggal di Morotai atau meningkatkan lama tinggal wisatawan di Morotai.

“Untuk itu segala program yang dilakukan adalah dalam rangka menjawab tantangan tersebut di atas,” ungkap Kadis.

(Oje)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed