by

Babinsa Air Putih Dampingi Tim Kesehatan Monitoring Stop BABS

Batu Bara | Sebagai wujud kerjasama dan sinergitas, Babinsa Koramil 02/Air Putih Sertu Ady Sutrisno jajaran Kodim 0208/Asahan damping dari Dinas Kesehatan keliling Batu Bara monitoring BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di Rumah Bapak Zul yang terletak di Desa Sipare Pare Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara, Selasa (03/12/2019).

Monitoring akses jamban tersebut, untuk mengetahui siapa saja warga yang masih Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau numpang BAB di jamban rumah tetangga. Dan menghimbau untuk sesegera mungkin membuat jamban sendiri, walau tidak bagus, yang terpenting tidak mengesampingkan standar kesehatan.

Dalam hal ini Ibu Munif dari Dinas Kesehatan keliling menyampaikan, bahwa sebentar lagi, desa se-kecamatan Keling akan melaksanakan ODF (Open Defecation Free) tingkat kecamatan, dimana kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan. Warga di himbau untuk membuat jamban permanen. “Oleh karenanya, pihak Puskesmas mohon partisipasi dan dukungan dari warga dan berbagai pihak sehingga nantinya dapat berjalan dengan sukses”, tuturnya.

Sementara itu, Sertu Ady Sutrisno mengharapkan adanya solusi agar permasalahan yang berkaitan dengan BABS dapat segera teratasi, agar nantinya Desa Sipare Pare dapat predikat desa ODF. “Harus ada koordinasi lebih lanjut, guna membantu warga yang tidak mampu, yang tidak mempunyai jamban permanen”, ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed