by

HUJAN DERAS, BANTARAN IRIGASI LONGSOR

DSCN4308PALUTA detikperistiwa.com – Derasnya hujan yang mengguyur daerah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) dua hari belakangan ini menyebabkan badan jalan lingkar Bara Hapas-Batu Tambun (samping RM Minang Mahimbau), Lingkungan I, Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak longsor. Badan jalan yang berada persis dipinggir atau bantaran saluran irigasi longsor juga.

Bantaran irigasi Batang Ilung tersebut merupakan akses masyarakat untuk mengangkut hasil pertanian serta menuju pemukiman masyarakat, terputus dan tidak dapat dilalui lagi.

Salah seorang warga sekitar, Darwin Siregar (57) mengatakan bahwa amblasnya badan jalan tersebut terjadi pada hari Jumat (13/5) lalu karena tergerus air sungai yang meluap akibat curah hujan yang cukup tinggi.

“Longsornya hari Jumat kemarin, karena curah hujan yang cukup tinggi semalaman, air sungai disampingnya meluap dan mengikis badan jalan,” ujarnya.

Lanjutnya, indikasi kerusakan jalan ini sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu yakni dengan longsornya sebagian pinggir badan jalan.

Namun kerusakan badan jalan semakin terlihat akibat dari curah hujan yang cukup tinggi dalam beberapa hari ini sehingga longsor di bagian pinggir jalan semakin parah dan menyebabkan keretakan badan jalan semakin lebar dan akhirnya ambals dan terputus total.

Ia menambahkan, kerusakan jalan ini sebenarnya sudah lama mereka laporkan kepada pihak Pemkab Paluta melalui Dinas PU dan PE Kabupaten Paluta agar segera diperbaiki secepat mungkin. Namun hingga badan jalan longsor dan terputus, pihak Pemkab Paluta belum pernah menindaklanjutinya.

“Sudah lama itu rusak dan longsor sebagian badan jalannya dan sudah kami laporkan kepada pihak dinas PU Paluta, tapi sampai hari ini jalannya sudah rusak total dan terputus, belum pernah diperbaiki atau ditangani,” ucapnya.

Kepala Lingkungan I Gunung Tua Khairul Anwar Harahap mengatakan laporan tentang kerusakan badan jalan yang terjadi di wilayahnya itu sudah diterimanya dari warganya, Jumat (13/5) lalu serta sudah melaporkan kembali kerusakan itu kepada BPBD Kabupaten Paluta. “Sudah kita laporkan ke BPBD Paluta agar turun dan melihat langsung kerusakannya,” ujarnya.

Harapannya, melalui dinas terkait, agar segera menangani kerusakan tersebut karena dikhawatirkan akan sangat berpengaruh bagi masyarakat sekitar untuk mengangkut hasil pertaniannya.

Terpisah, Camat Padang Bolak H Amrin Junirman Siregar Spd MM yang sudah melihat kondisi jalan longsor tersebut mengatakan bahwa kerusakan badan jalan tersebut memang diakibatkan oleh curah hujan yang cukup deras sehingga badan jalan tergerus oleh arus sungai.

Katanya, melihat kondisi kerusakan badan jalan tersebut yang sudah terputus total, dirinya khawatir akan sangat berpengaruh terhadap roda perekonomian masyarakat sekitar yang memiliki lahan pertanian di sekitarnya sehingga tidak bisa mengangkut hasil pertaniannya.

“Memang kondisinya sudah terputus total, menurut keterangan warga karena hujan yang cukup deras, cukup berpengaruh terhadap masyarakat apalagi yang bertani di lokasi sekitar,” ujarnya saat berada di lokasi.

Karena itu, dirinya akan terus mendukung dan mengupayakan agar penanggulangan terhadap kerusakan jalan tersebut dapat segera direalisasikan demi kelancaran akses transportasi bagi warga sekitar. (Mauliddar S)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed