by

RATUSAN CJH PASAMAN TERPANGGIL BRANGKAT HAJI

PASAMAN- Sebanyak 163 Calon jemaah haji (CJH) asal Pasaman terpanggil untuk keberangkatan haji tahun ini.
Informasi ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman H.Abdel Haq dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) H. Tohar Mukti Siregar Selasa (4/4).
Pejabat Kemenag itu kembali menerangkan, berdasarkan kuota normal untuk wilayah Sumatera Barat ada 163 calhaj yang masuk didalamnya. Sebelumnya, dalam kuota pemotongan 20 persen jumlah jemaah Pasaman sebanyak 119 orang, tetapi setelah diberlakukannya kuota normal dengan terbitnya Keputusan Menteri Agama (KMA) RI nomor 75 tahun 2017 menjadi sejumlah sekarang ini.
“Ini diprediksi masih dapat bertambah, karena menunggu daftar kuota valid Sumbar,” tuang Tohar.
Kata Tohar, mereka sudah bisa melakukan pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap pertama Ke Bank Penerima Setoran (BPS) yang dijadwalkan pada 10 April hingga 5 Mei tahun 2017 sebesar 34 juta 890.312 rupiah. Dan tahap keduanya pada 22 Mei sampai 2 Juni tahun ini juga.
“Bagi jemaah yang lunas tunda tahun 2016 tidak lagi menambah kenaikan BPIH,” jelas Tohar.
Sembari itu Abdel Haq mengingatkan agar para calon haji dan hajjah Pasaman untuk segera mempersiapkan diri baik melengkapi administrasi juga bekal ilmu dengan mengikuti bimbingan manasik haji di kecamatannya masing-masing.
“Termasuk bagi calhaj lanjut usia (Lansia) yang diusulkan sebanyak 42 orang,” pesan Abdel Haq
Kata Abdel Haq maupun Tohar, untuk kuota lansia yang diusulkan itu berusia 75 sampai 89 tahun dan ini perlu bersabar karena menunggu diterbitkannya regulasi yang resmi dari Menag tentang kuota lansia juga pendamping CJH.
Di sisi lain, Kemenag selaku instansi terkait dalam penyelenggaraan ibadah haji Insya Allah selalu siap menjalankan tanggung jawabnya memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah mulai dari persiapan, keberangkatan hingga kembali ke tanah air.
Dikatakannya, bagi CJH yang membutuhkan informasi seputar kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan dapat menghubungi langsung ke bagian PHU Kemenag. (humas)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed