by

KULIAH UMUM DR. ZAMAKHSYARI BIN HASBALLAH THAIB, LC, MA DIUNSAM LANGSA

LANGSA-Urgensi penguasaan Soft Skill bagi mahasiswa di perguruan tinggi, dari judul ini bisa melihat begitu penting difahami dengan baik.
“Soft Skill tidak begitu nampak kita melihat, ketika kita memperhatikan seseorang ini harus meliht dengan jernih,” demikian disampaikan  Dr. Zamakhsyari bin Hasballah Thaib, Lc, MA, di Hadapan Mahsiswa Fakultas Hukum Unsam Langsa Rabu  (5/4), pagi.
Zamakhsyari yang juga dosen tetap Univ Dharmawangsa Medan meminta kepada mahsiswa sebuah ketekunan belajar  sebagai mahasiswa fakultas hukum harus mengetahui tentang hukum dan ilmu-ilmu lainnya.
Dia mengatakan ketika nanti tamat dari Fakultas Hukum Unsam langsa, seorang sarjana hukum jangan sampah jadi sales, sehingga bagai mana seorang mahsiswa yang lulus dari perguruan ini harus  Soft skill yang benar sesuai dengan disiplin ilmu.
” Kalau lulus dari fakultas hukum itu jadi martawan dan jadikan tenaga skill lainnya makanya Soft Skill itu sangat penting sekali. Soft skill ini penting sekali dimiliki semua pihak kerena membutuhkan semua pihak menggunakan Soft Skill ini,” ujarnya lagi.
Mahasiswa harus belajar Soft Skill dari sekarang, karena kalau Soft skil ini sudah memiliki otomatis kita akan menerima hasilnya dengan baik. Soft skill ini dengan adanya pendidikan yang baik IPK nya juga dibarengi dengan Soft Skill yang baik bukan hanya IPK tinggi lalu Soft  Skill tidak dimiliki ini harus diketahui dengan baik.
“Kita sebagai mahsiswa harus menempatkan diri kita dengan baik seorang mahasiswa misalnya dari luar aceh ketika berada di daerah itu harus tau kita bawa diri kita dengan baik dimana pun kita berada, misalnya berada di kampus, luar kampus atau tempat tinggal nya ini harus di jaga lebih baik,” sebutnya lagi.
Sementara itu Dekan  Fakultas Hukum Unsam Langsa Dr Iman Jauhari, majunya pendidikan di sini adalah tergantung yang tekun bukan dari orang lain.
Iman Jauhari meminta kepada mahasiswa agar mengikuti kuliah umum ini dengan baik. ” Mahasiswa harus masuk ke Soft skill antara masuk ke pendidikan yang lebih baik akhlaknya yang paling terutama sekali,” tuturnya di hadapan mahasiswa/i yang ikut kuliah umum.
“Semangat pendidikan itu yang paling penting karena saat ini skilnya yang paling diperlukan untuk kita semuanya. Mahasiswa harus mampu berasap tasi dengan semuanya pihak karena itu modal yang paling utama sekaki tidak ada modal lain,”  tukas Iman lebih lanjut.
“Soft skill ini sangat penting dengan skil itu kita bisa menjadi sukses tanpa ilmu tidak mungkin sukses semuanya akan terikut sendiri dengan adanya asap tasi dengan semua pihak. Kemudian kita harus ber akhlak yang mulia, dan percaya diri sopan santun kepada semua pihak,” pungkasya mengakhiri (H A Muthallib )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed