by

MASIH BANYAK KAUM IBU DI DELI SERDANG DOYAN SUGI

DELI SERDANG-Entah apa, manfaatnya, kebiasaan memakai Sugi (Tembakau yang dimasukkan dalam mulut dan dikunyah dalam ukuran besar), para kaum ibu di Kabupaten Deli Serdang masih banyak yang doyan dengan kebiasaan itu.
Salah seorang peminat, Warga Desa Namo Batang, Kecamatan Namo Rambe, Arih br Guru Singa (57), mengaku menghabiskan tembakau dalam sepekan sekitar 1 Ons, kebiasaan ini sudah dilakukannya, sejak 10 tahun yang lalu.
Saat ditanya, apa khasiatnya dengan mengunyah benda atau tembakau tersebut, Aris br Guru Singa yang juga pensiunan Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang  menjawab  sama halnya dengan orang yang merokok, manfaatnya tidak ada.
“Ini kan tembakau, sama saja dengan orang merokok tidak gunanya, malah merusak kesehatan, tapi ini sudah biasa kita lakukan lama-lama jadi candu,” tuturnya dengan tersenyum.
Arih br Guru Singa, menyebutkan kalau dirinya untuk pakai Sugi sudah kewajiban, bahkan untuk 1 Ons itu cukup buat satu Minggu harganya Rp 20 ribu. “Ya gunanya gak ada, awalnya terasa pahit lama-lama jadi candu,” tutupnya mengakhiri (raja)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed