by

WARGA BAYAR NAZAR DI MAKAM SURI ANDUNG JATI

ROKAN HULU-Masyarakat Huta Haiti, Desa Rambah Tengah Barat (RTB), Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), bersama Masyarakat Napitu Huta, mengenang leluhur Suri Andung Jati dengan  menyembelih satu ekor kerbau dan 15 ekor kambing di tempar yang bersejarah di Huta Haiti.
Kegiatan yang seperti itu diadakan setiap tahunnya untuk mengenang kembali sejarah leluhur Suri Andung Jati, juga merupakan tradisi adat secara rutin, termasuk ada kegiatan makan dan doa bersama.
Pada kesempatan,  Kepala Desa RTB-Haiti Sopiyan daulay mengatakan agenda ini bersempena dengan acara pembayaran nazar yang diucapkan masyarakat baik.
” Hal itu bari dari nasyarakat Haiti ataupun masyarakat luar yang sudah menanam nazar,” tutur Sopiyan Daulay, Selasa (18/4).
Kades menambahkan Desa Haiti  tempat bersejarah sudah biasa dijadikan tempat pembayaran niat atau nazar, jika mengalami suatu masalah atau  untuk mencapai keinginan dan hajat.
” Acara ini nanti  akan dihadiri langsung Bupati Rokan Hulu H. Suparman Daulay, karena Msyarakat Napitu Huta menanam nazar,” tukasnya.
Seperti nazar yang disampaikan,  Warga Haiti, Arifin Nasution, Ramlan Lubis dan lainnya,  ketika  Bupati  Rohul H. Suparman mengalami kasus hukum di KPK yang dituduhkan kepadanya, warga tersebut bernazar dengan mengadakan upah-upah.
” Kita akan adakan upah-upah dengan menyemblih seekor kambing untuk dijamukan dalam Haul Suri Andung Jati besok Rabu (19/4),”  terang Kades Haiti yang akrab disapa Bamg Pian sambil menyerahkan seekor kambing yang menjadi nazar tersebut.
Terlihat dalam kesibukan persiapan acara tersebut turut hadir Camat Rambah, Ovan dan menngtakan kegiatan ini cukup bagus dengan nuansa adat yang harus sama-sama terpelihara.
” Karena dengan acara ini antara anak-kemanakan kelihatan rukun di bawah Leluhur Suri Andung Jati,” tuturnya dan berharap kegiatan haul ini retap dijaga dan dilestarikan sebagai tradisi adat ciri khas Kampung Haiti (darwin rambe)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed