by

TNI BANTU KORBAN BANJIR BANDANG LAHAR DINGIN GUNUNG SINABUNG

KARO-Sebanyak 40 orang personel Kodim 0205/TK dipimpin langsung Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu,  juga sebagai Komandan Satgas Tanggap Darurat Erupsi Gunung Sinabung, Selasa (18/4).
TNI membantu mengevakuasi warga beserta peralatan rumah tangganya, terkena dampak banjir bandang lahar dingin Gunung Sinabung di Desa Sukatendel, Kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), meskipun  dalam musibah bencana alam ini tidak ada korban jiwa.
Kata, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu,  kejadian banjir bandang lahar dingin tersebut berawal adanya hujan opada Selasa (18/4) sekitar pukul 13.00 Wib di puncak Gunung Sinabung.
Akibat hujan deras tersebut mengakibatkan sekitar  pukul 14.45 Wib, tiba-tiba air di sungai dialiri lahar dingin di Sukatendel meluap membawa matrial bebatuan, pasir dan lumpur sehingga menutup jembatan.
 
“Lahar dingin meluap, sehingganmembawa matrial dan lumpur keluar sungai menembus jalan raya dan menghantam perumahan di sekitar sungai dan menutup hingga badan jalan raya,” ujar  Letkol Inf Agustatius Sitepu
Akibat banjir bandang tersebut mengakibatkan  20 rumah terkena dampaknya terdiri 12 rumah rusak berat, 4 rumah rusak ringan dan 4 rumah terendam air, lumpur dan bebatuan.
 
Selain membantu mengevakuasi warga, Dansatgas Letkol Inf Agustatius Sitepu juga berkoordinasi dengan Dinas PU KabupatennKaro untuk menurunkan alat berat agar bisa menormalisasi sungai.
“Begitu melihat air sungai disertai lahar dingin meluap para warga sibuk menyelamatkan diri dan kami para prajurit TNI langsung turun tangan membantu,” sebut Dandim.
Sementara ini untuk logistik di pengungsian sudah dapat diatasi  pihak BPBD Karo, normalisasi sungai dan pembersihan rumah warga  diperkirakan berlangsung selama dua hari telah dibantu para prajurit TNI “Arus lalu lintas yang tertutup akibat banjir sementara ini di alihkan melalui Desa Kuta Mbaru,” kata Dandim.
 
Dansatgas Tanggap Darurat menghimbau warga yang berada di bantaran sungai untuk selalu waspada mengantisipasi terjadinya banjir susulan.” Kepada warga yang menetap dibantaran sungai agar tetap waspada,” himbaunya.
Berdasarkan amatan awak media,seluruh personel Kodim 0205/TK dengan sigap turun ke lapangan ketika terjadi banjir bandang di Desa Sukatendel,Kecamatan Tiga Nderket. Tampak para prajurit TNI tanpa kenal lelah membantu mengevakuasi warga dan barang barang ke balai pertemuan Jambur Desa Sukatendel untuk mengungsi sementara.
Tak hanya para prajurit yang turun membantu warga, Dandim selaku Dansatgas Tanggap Darurat juga sibuk membanti warga bersama anggotanya membantu membersihkan rumah warga dan memberikan bantuan logistik.(Ryan)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed