by

BUPATI PASBAR INGATKAN DOKTER JANGAN ADA PERBEDAAN DALAM PELAYANAN

PASAMAN BARAT-Bupati Pasaman Barat, Syahiran, Wakil Bupati, Yulianto dan Kapolres, AKBP Iman Pribadi Santoso saat pelantikan pengurus IDI Pasaman Barat, Rabu (19/4). Syahiran menekankan agar dokter yang ada tidak membeda-bedakan layanan kesehatan kepada masyarakat.

“Saya tidak ingin mendengar adanya suara sumbang atau laporan dari masyarakat bahwa mereka dilayani kurang baik dari dokter atau petugas kesehatan lainnya di rumah sakit maupun puskesmas di Pasaman Barat,” katanya saat pelantikan pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Pasaman Barat periode 2017-2020 di Simpang Empat, Rabu (19/4)

Ia menambahkan salah satu indikator ketertinggalan Pasaman Barat disebabkan oleh masalah pelayanan kesehatan yang kurang maksimal terutama pada daerah terisolir di Pasaman Barat.

” Layani mereka dengan baik seperti apa pun rupa dan latar belakangnya. Jangan pilih kasih dalam pelayanan walaupun mereka hanya datang pakai baju lusuh dan kain sarung kusam,” ujarnya.

Pelantikan pengurus IDI Pasaman Barat diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan semangat para petugas kesehatan terutama para dokter yang ada.

“Tujuannya adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam program pengentasan masalah kesehatan yang masih melanda seperti masih adanya kasus gizi buruk, hydrocipalus dan tingginya angka kematian ibu dan bayi,” tuturnya.

“Semua permasalahan itu harus kita antisipasi bersama. Saya harap para dokter dengan berbagai kompetensi agar lebih proaktif dilingkungan kecamatan masing-masing guna mencari informasi tentang perkembangan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, sesuai visi-misi Pasaman Barat dalam peningkatan layanan kesehatan perlu komitmen bersama sehingga apa yang diharapkan masyarakat bisa tercapai, IDI Pasaman Barat bukan hanya sebuah slogan seremonial belaka.

” Hanya merupakan sebuah kelompok dokter dan pakar kesehatan yang sama sekali tidak berbuat apa-apa untuk masyarakat ,kepada para dokter yang tergabung dalam IDI cabang Pasaman Barat agar mampu menjalankan programnya dalam rangka pengentasan permasalahan kesehatan,” bebernya.

Sementara itu Sekretaris IDI Sumbar, dr Harefa berharap agar IDI Pasaman Barat dapat menunjukan eksistensinya dalam melayani masyarakat.

” Budi Sujono terpilih sebagai ketua IDI Pasaman Barat yang baru agar aktif berkordinasi ke IDI Provinsi Sumbar untuk menjalin berbagai kerjasama yang bisa dilakukan untuk peningkatan pelayanan kesehatan,” katanya.

Bahkan Dia sampaikan IDI Sumbar terdapat para dokter senior dapat diajak untuk bekerja sama dan dipanggil ke daerah baik itu untuk melakukan pertemuan ilmiah maupun workshop mengenai persoalan kesehatan di daerah.

Ia mengajak mengajak ketua dan pengurus IDI Pasaman Barat yang baru dilantik agar melakukan sosialisasi dan melakukan kaderisasi di sekolah-sekolah (zul/Rz).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed