by

SMP Labschool Unesa 1 Gelar Lomba Tahfidz Qur’an Juz 30 Tingkat SD Kelas 5 & 6 se Surabaya

Foto : Sambutan Direktur Labschool Unesa, Ali Mufiarief
Foto : Sambutan Direktur Labschool Unesa, Ali Mufiarief

SURABAYA – SMP Labschool Unesa 1 menggelar lomba Tahfidz Qur’an Juz 30 yang diikuti para siswa kelas SD kelas 5 dan 6 se Kota Surabaya di SMP Labschool Unesa 1, Jl. Kawung, No. 9, Kel. Kemayoran, Kec. Krembangan, Kota Surabaya.

Menurut Kepala Sekolah SMP Labschool Unesa 1, Ida Ambarini menjelaskan bahwa, kegiatan kali ini merupakan pertama kalonya menggelar lomba Tahfidz Qur’an. Tujuannya, menemukan bibit-bibit Hafidz Al-Qur’an agar ilmunya lebih dibiasakan dan mumpuni sampai tingkat SLTA hingga Universitas.

“Kegiatan seperti ini memotivasi siswa SD dan SMP Labschool Unesa 1 punya greget untuk menghafalkan bacaan Al-Qur’an. Hingga nantinya diharapkan ketika lulus SD dan SMP, menjadi mahir dalam menghafalkan Juz 30 Al-Qur’an,” terangnya saat ditemui di sekolahnya di sela kegiatan. Sabtu, (22/2/2020).

Ida menambahkan, kegiatan lomba dan pembelajaran kurikulum Tahfidz Al-Qur’an dibantu dan dimbing oleh Umi Foundation. Dan dilaksanakan pelajaran ini tiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis dari mulai pagi hingga siangnya.

“Kegiatan lomba ini rutin diadakan setahun sekali. Peserta yang mengikuti total 50 siswa SD kelas 5 dan 6 se-kota Surabaya. Untuk Juara 1, 2, dan 3 mendapatkan hadiah bebas Dana Pengembangan dan Pendaftaran (DPP) Sekolah di SMP Lasbchool Unesa 1. Juara 1 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 500 ribu, Juara 2 Rp. 450 ribu, dan Juara 3 mendapatkan Rp. 400,” ungkap Ida.

Lanjut Ida, tak hanya juara 1, 2, dan 3 saja yang mendapatkan hadiah, melainkan juga Juara Harapan 1, 2, dan 3 mendapatkan trophy, sertifikat, dan bingkisan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Labschool Unesa, Ali Mufiarief mengatakan, kegiatan lomba tahfidz al-qur’an ini mungkin pertama kali yang diadakan oleh level penyelenggara SMP dengan peserta SD se kota Surabaya. Sepengetahuannya, kegiatan ini hanya bisa diadakan Pemerintah Kota Surabaya.

“Rencananya, tahun depan tak hanya wisuda umum seperti biasanya, melainkan juga diadakan wisuda Hafidz Alqur’an. Kini Hafidz Alqur’an di SMP Labschool Unesa 1 sudah mencapai 50an siswa,” ungkap Ali. (ari)

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed