by

BUPATI DAN KEPALA DINKES PASAMAN TERIMA TIM PRA SURVEY MEETING AKREDITASI PUSKESMAS TAHUN 2017

PASAMAN-Bupati Pasaman Yusuf Lubis terima kedatangan para survey meeting Puskesmas tahun 2017 di Balerong pusako anak Nagari, rumah dinas kediaman Bupati Minggu (14/5 ), malam.
Hadir Sekda Pasaman M.Saleh , Anggota DPRD Syawal dt. Putiah dan Yusran, Staf ahli kantor Bupati, Asisten, Kepala SOPD, Kabag Umum Azwardi,Kabag Humas Eris Hermawan,camat, Kapolsek, Wali Nagari, kepala Puskesmas se Kabupaten Pasaman.
Kepala Dinas Kesehatan Amda Risman SKM.SH.M.Kes. Mengatakan, tujuan Akreditasi Puskesmas untuk peningkatan mutu dan kinerja dengan system manajemen mutu, penyelenggaraan dan program serta penerapan manajemen resiko, bukan sekedar untuk mendapatkan sertifikat Akreditasi.
Puskesmas wajib untuk diakreditasi, Puskesmas harus menjalankan fungsinya secara otimal dan dikelola dengan baik. Baik kinerja pelayanan maupun sumber ada.”Masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang bermutu dan manajemen resiko dan keselamatan pasien perlu diterapkan dalam pengelolaan Puskesmas,” katanya.
Bupati Pasaman dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Pasaman merupakan Kabupaten paling ujung di  Bagian Utara Sumatera Barat, Lubuk Sikaping adalah kota kecil yang disebut kota pendidikan, kesehatan, terbersih dan aman, karena industri, perdagangan skala besar dan pertambangan tidak ada di Pasaman.
Pihaknya hanya mengandalkan mutu pendidikan dan kesehatan masyarakat dengan wajibnya Puskesmas mempunyai sertifikat akreditasi selaku persyaratan kerjasama dengan BPJS.
“Kita bersama mulai dari forkopimda, SOPD, Camat, Polsek hingga Wali Nagari yang telah seiya sekata membangun Pasaman ini akan berupaya meningkatkan mutu dan manajemen pengelolaan Puskesmas yang ada di Kabupaten Pasaman ini, demi terlayani kesehatan masyarakat Pasaman melalui BPJS kedepannya,” kata Bupati.
Puskesmas yang belum dapat akreditasi ditahun 2017 ini akan diusahakan melengkapi kekurangan persyaratan tersebut. “Baik manajemen mutu maupun manajemen pengelolaanya sehingga ditahun 2018 Puskesmas yang ada di Kabupaten Pasaman telah mempunyai sertifikat akreditasi,” tmbahnya.
Sementara ketua tim penilai akreditasi dr.Fatni Sulaini,DTM&H.Mengatakan meapresiasi program Pemerintah Kabupaten Pasaman dibidang kesehatan yang sangat peduli dengan kesehatan masyarakatnya. “Ini dapat kita lihat yang hadir mulai dari DPRD, Bupati, Sekda, SOPD, Kabid, Kabag, Camat sampai Wali Nagarinya hadir untuk mendengarkan epsos tim. Ini tanda pejabat daerahnya bersama – sama ikut mendukung program kesehatan di Pasaman ini,” ujarnya.
“Kami tim penilai akreditasi Pusjesmas akan melaksanakan tugas selama tiga hari tidak boleh kurang tidak juga lebih dan sesuai dengan kode etik yang tertera disurat perintah,”imbuhnya. ( di/Rz).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed