by

DIDUGA BANYAK UPETI PADA OKNUM PEJABAT RUTAN

ACEH SIGLI-Diduga banyak setoran dari napi kasus Narkotika yang selama ini di rutan kls II B Sigli, namun tidak masuk tahanan rutan Sigli.
Sejumlah sumber yang berhasil dihimpun media ini sejak sepekan lalu diperoleh ketengan kalau selama ini ada napi pindahan dari luar Aceh dan dari dalam aceh sendiri yang pindah ke rumah tahanan Klas II B rutan Sigli namun berkeliaran di luar tidak orang nya di rutan Sigli sebut sebut sumber kepada media ini Sabtu pekan lalu di Sigli.
Wartawan media ini yang menetulusiri ke lapangan dan ke rutan Sigli sejak sepekan ini mendapat informasi yang akurat kalau napi yang seharusnya berada dalam tahanan namun tidak di tahan ujar sumber media ini.
Banyak sekali tahan yang pindah ke Sigli tapi tidak ada di tahanan napi itu berkeliaran di luar rutan yang ada di dalam hanya penggantinya sepeprti pekan lalu ditemukan adanya tukang becak sebagai pengganti napi di rutan Sigli.
Sejumlah tokoh masyarakat di Sigli yang berhasil di wawancara media ini menyebutkan memang ada napi yang seharusnya di tahan di rutan Sigli namun selama ini berada di luar sebut salah seorang tokoh masyarakat di Sigli kepada media ini Sabtu (13/5)
“Seharusnya pihak menteri Kumham RI Kumham Aceh harus segera melalukan penyelidikan untuk kebenaran nya jangan sampai dibiarkan napi berkeliaran di luar yang seharusnya napi dalam rumah tanahanan bukan di luar,” ujarnya.
Sumber resmi di kalangan Lapas di aceh juga menyebutkan belum. Lama ini pihak Kumham aceh sudah memeriksa KA rutan kls II B Irfan namun belum ada keputusan dari Kumham Aceh.
Sumber lain juga menyebutkan ada napi beberapa waktu lalu pindah ke Langsa tidak lama kemudian pindah lagi ke Sigli ini hal yang paling aneh terjadi di rutan Sigli sebut kalangan pengawai Lapas di Aceh.
Irfan sudah perang diperiksa di Kumham aceh dalam kasus pemindahan napi antar Lapas di aceh dan kasus pengganti napi dari napi terlibat narkotika diganti dengan tukang ojek dan tukang becak untuk mengelabui petugas Kumham yang melakukan sidak rutan sigli.
KA rutan kls II B Sigli Irfan yang coba di hubungi wartawan media ini sejak Minggu, (14/5) tidak berhasil dihubungi, namun hari Ini Senin (15/5 )  Irfan menjawab wa wartawan media ini tidak ada napi diluar ) begitu wa singkat yang dikirim kepada wartawan media ini.
Kakanwil Kumham Aceh Gunarso kepada sejumlah wartawan di Kuala simpang Kamis pekan lalu pada saat menghadiri HUT Lapas Kamis pekan lalu mengatakan pihak nya akan segera bentuk tim untuk melakukan kinerja Lapas dan rutan di Aceh.
” Kita akan segera bentuk tim agar semua napi yang selama ini berada di luar dapat di tahan kembali,” ujar Gunarso singkat.
Tidak dibeberkan siapa pun napi kasus apa pun wajib di tahan di Lapas dan rumah tanahanan ujar nya menutup keterangan kepada sejumlah wartawan di halaman rutan Kuala Simpang. (H a Muthallib)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed