by

WABUP PALAS KUKUHKAN 490 PERANGKAT DESA SOSA-HURAGI

PADANG LAWAS-Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Wabup Palas), drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, didampingi sejumlah pimpinan SKPD Pemkab Palas dengan disaksikan  muspika dan para kepala desa di dua kecamatan, mengukuhkan sebanyak 490 perangkat desa untuk dua wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Sosa dan Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi), pada hari yang sama, Senin (15/5), di dua tempat yang berbeda

Kali pertama, Wabup Palas mengukuhkan sebanyak 273 perangkat desa dari sebanyak 39 desa yang tersebar di Kecamatan Sosa. Prosesi pengukuhan perangkat desa di Kecamatan Sosa berlangsung di halaman Kantor Camat Sosa.

Di mana, masing-masing desa dikukuhkan sebanyak 7 orang perangkat desa, terdiri dari 1 orang sekretaris desa, 1 orang bendahara desa, 2 orang kepala urusan (kaur) dan 2 orang kepala seksi (kasi), dengan disaksikan oleh masing-masing kepala desa.

 Selanjutnya, rombongan Wabup Palas bertolak menuju ke pelataran Kantor Camat Huragi, untuk prosesi pengukuhan sebanyak 217 perangkat desa dari sebanyak 31 desa yang tersebar di Kecamatan Huragi.

Prosesi pengukuhan 400-an perangkat desa didua kecamatan ini, dimulai dengan pengambilan sumpah dan jabatan perangkat desa, pengukuhan perangkat desa secara resmi, penanda tanganan fakta integritas oleh masing-masing perangkat desa, dilanjutkan bersalam-salaman dan foto bersama.

Dalam arahannya, Wabup Palas menyampaikan, beban dan tanggung jawab sebagai perangkat desa sudah berada di depan mata. Untuk itu, kerja nyata dalam membangun desa bersama dengan kepala desa dan masyarakat sudah dinantikan warga masyarakat di masing-masing desa.

“Kami menghimbau, agar kepala desa bisa bekerjasama dengan perangkat desanya, baik sebagai sekretaris desa, bendahara, kaur dan kasi. Tanpa melihat perbedaan politik, perbedaan pandangan pada saat momentum kegiatan pemilihan kepala desa yang lalu,” ungkap wabup.

“Karena, bisa jadi, yang saat ini masuk sebagai perangkat desa ini, adalah rival politik atau lawan politik pada saat pilkades yang kemarin kita laksanakan. Oleh karena itu, kami menghimbau agar kepala desa dapat merangkul seluruh komponen dan elemen di desanya, mulai dari perangkat desa hingga warga masyarakatnya, untuk kemajuan pembangunan di desa,” pungkas Zarnawi. (MS)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed