by

TINGKATKAN KOMPETENSI RELAWAN, PESISIR MENGAJAR SIAP LEBARKAN SAYAP

TANGERANG-Pihak Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Tangerang melalui Program “Pesisir Mengajar”, menggelar pelatihan peningkatan kualitas relawan Senin sampai Rabu (22-24/5).
Kegiatan  berlangsung di Hotel Lemo, Kelapa Dua-Kabupaten Tangerang, menjadi  hal  penting untuk mewujudkan tujuan dari program “Pesisir mengajar”.
Maka sbelum diterjunkan ke lapangan,  para relawan ini dibekali pemahaman  tentang lingkungan pesisir dengan tujuan agar para relawan bisa memberikan solusi atas  permasalahan yang terjadi di lapangan.
 “Pesisir Mengajar  merupakan kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan  oleh Para Relawan dengan fokus pada bidang pendidikan,  memberikan pemahaman kepada anak-anak dan masyarakat mengenai ekosistem pesisir  serta bagaimana cara merawatnya”, kata Kadis Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Kabupaten Tangerang, Ir. H. Herry Wibowo.
Lanjutnya, pogram Pesisir Mengajar ini salah satu bentuk kegiatan Gerakan Pembangunan Masyarakat Pantai (GERBANG MAPAN) dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat dengan Motto “Muda Peduli, Bergerak Untuk Pesisir”  merupakan salah satu program unggulan yang digagas  Bupati Tangerang, A Zaki Iskandar.
Kegiatan yang mengusung Tema “Peran Pemuda bagi Pembangunan Lingkungan Hidup” ini, diharapkan dapat membantu program pemerintah serta dapat menumbuhkan semangat cinta lingkungan.
Kemudian, Penanggung Jawab Pelaksana Program, Hari Mahardika mengatakan intinya, Pesisir Mengajar ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat cinta lingkungan dengan sasaran anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Masyarakat Pesisir Tangerang, sebagai upaya untuk suksesi Tangerang yang Gemilang.
Sesuai dengan Komitmen DKP Kabupaten Tangerang, di tahun 2017 ini akan menambah Relawannya. Tercatat Sebanyak 60 relawan akan diterjunkan ke wilayah pesisir Tangerang yang sebelumnya hanya berjumlah 20 relawan.
Dalam kegiatan ini, beberapa nara sumber yang berkompeten dihadirkan untuk meningkatkan kualitas Relawan,  di antaraya, Dr. Ario Damar M.Si (Kepala Pusat Kajian Sumber Daya Pesisir dan Laut/PKSPL-IPB), Johana Diwa-Acallar Ph.D (Partnerships in Environmental Management for the Seas of East Asia/PEMSEA) Arsyad Al Amin S.Pi, M.Si.
Kemudian, A. Solihin S.Pi, MH (Peneliti PKSPL-IPB), Kak Nono (Pendongeng Tangerang), Hj. Eny Suhaeni (Pemerhati Pendidikan Tangerang),  Alice Cahya Putri (Mahasiswi National University of Singapore), Hendra Wijaya (Satelite News), Feni Lonita (d’Tree Project) dan Bastanul Siregar (Redaktur Bisnis Indonesia Group).
Selanjutnya, salah satu Relawan, Marno  mengatakan, program ini tepat dan bermanfaat untuk masyarakat pesisir Tangerang dan merasa termotivasi atas kegiatan ini.
“Saya merasa termotivasi dengan kegiatan ini, pelatihan ini membuat saya sadar akan pentingnya pemahaman ekosistem pesisir dan menjaganya, terima kasih Keluarga Besar Pesisir Mengajar,” tuturnya.
Rencananya, pada Bulan Juli 2017 mendatang, para relawan tersebut akan diterjunkan langsung ke 30 Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di Pesisir Tangerang yang meliputi 8 Kecamatan. (RJ)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed