by

Mengenal Sekilas Sosok Kepemimpinan Bupati H Sukiman,  Berkomitmen, Bertindak Nyata Serta Tulus Mengabdi  Pada Masyarakat Rokan Hulu

Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dikenal dengan filosofi Negeri Seribu Suluk, Ibu kotanya, Pasir Pengaraian, dengan jumlah penduduk 666.410 jiwa dan luas wilayah 7.588,13 km², kini dipimpin salah satu Putra terbaik Bangsa yang bernama H Sukiman

Kiprah H Sukiman yang sosoknya penyayang terhadap rakyat serta kharismatik ini,  rasanya dirinya bagian dari yang tak terpisahkan dari ribuan masyarakat  Rohul sejak mengikrarkan diri untuk mengabdi setulus dan seikhlas hati  untuk rakyat kabupaten  berjuluk Negeri Seribu Suluk.

Di awali ketika menjabat  sebagai Dandim 0314 Indragiri Hilir, kemudian 16 tahun yang lalu, didukung keluarga dan suport positif Istri tercinta Hj Peni Herawati, dirinya  berkomitmen secara kontinu kepada rakyat Rohul dengan mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Rohul periode 2006-2011 berpasangan dengan Drs Achmad MSi. Ketika itu, salah satu penggeraknya atau tim Pemenangan (Jurkam), Dt Hardizon Said, SSi, Apt, MP.

Berkat rahmat dan kuasa Allah SWT, saat itu, H Sukiman dan Drs Achmad MSi  ditakdirkan sebagai pejuang demokrasi pada Pilkada langsung pilihan rakyat pertama kali di gelar Kabupaten Rohul, kemudian ketika itu berhasil memenangkan hati rakyat.

H Sukiman bersama Drs H Acmad, MSi  melanjutkan pondasi-pondasi pembangunan yang telah dirancang dan dipetakan Bupati pendahulunnya Ramlan Zas dengan inovasi-inovasi kreatif, sehingga kabupaten ini berhasil menorehkan beragam sejarah serta  karya nyata yang semuanya dipersembahkan untuk kesejahteraan dan  kemakmuran rakyat.

Selama lima tahun H Sukiman sebagai Wakil Bupati Rohul mendampingi Drs H Achmad, MSi setia mengabdi dan bekerja untuk rakyat, banyak catatan penting  serta uraian sumbangsih yang telah dipersembahkan Pemkab Rohul saat untuk masyarakat.

Kemudian di tahun 2011, dirinya ingin memiliki kewenangan  lebih, sehingga kontribusi pengabdiannya  benar-benar  dirasakan rakyat, kembali mencoba ikut kontestasi pesta demokrasi, tapi H Sukiman sebagai Calon Bupati Rohul, berpasangan  dengan Arisman berdasarkan SK Nomor: 02/SK.Sukma/12/2010 ditandatangi 4 Desember 2011 Dt Hardizon Said, SSi, Apt, MP sebagai Ketua Koordinator  Kabupaten pada Tim Sukses dan Tim Pemenangan Sukiman-Arisman.

Keterangan Gambar: 16 tahun lalu, Pilkada langsung 2006, Drs H Akhmad MS bersama Istri Hi Magdalisni, H Sukiman di dampingi Istri Hj Peni Herawati, turut hadir Dt Hardizon, SSI, APt, MP
Keterangan Gambar: 16 tahun lalu, Pilkada langsung 2006, Drs H Akhmad MS bersama Istri Hi Magdalisni, H Sukiman di dampingi Istri Hj Peni Herawati, turut hadir Dt Hardizon, SSI, APt, MP

Namun ketika itu Allah SWT masih menundanya, tapi H Sukiman tetap tidak bosan terus kembali mencoba bahkan lewat jalur legislatif, meskipun niat baik serta ketulusan untuk mengabdi seutuhnya untuk rakyat belum terkabulkan.

Selanjutnya di  Tahun 2016,  H Sukiman sebagai Wakil Bupati mendampingi H Suparman kembali membuktikan mereka pilihan rakyat dengan mengusung konsep ‘Membangun Desa Menata Kota.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pada Tahun 2017, H Suparman harus berhadapan dengan persoalan tersendiri,  sehingga tahun 2018 lalu, sesuai Surat yang ditetapkan Mendagri, Tjahjo Kumolo, pada 12 Februari 2018 H Sukiman ditetapkan melanjutkan kepemimpinan sebagai Bupati Rohul  periode Tahun 2016 -2021.

Di tengah guncangan politik serta gundah-gulana, teman seperjuangan tidak lagi berada di sisi H Sukiman,  ditambah perubahan subtansial, situasi ekonomi-politik Nasional, tetapi dengan penuh kesabaran serta keikhlasan,  dirinya berkomitmen tetap melanjutkan moto Membangun Desa dan Menata Kota.

Meskipun bagai berjalan di atas kerikil-kerikil tajam, tantangan pengabdian kepada rakyat, alhasil Bupati H Sukiman menerima penghargaan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Nasional tahun 2018 dari Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Pusat tahun 2018, Penghargaan Nominasi Unggulan Desa Sadar Terbaik III tingkat Nasional.

Kemudian penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia atas Keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan standar tertinggi.

Selanjutnya, penghargaan terhadap penilaian opini wajar tanpa pengecualian, Terbaik 1 perencanaan pembangunan daerah Provinsi Riau pada tahun 2018, penghargaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau tahun 2018 sebagai pelengkap terbaik kategori  PAUD tahun 2018 dari Kementerian dikmas Provinsi Riau pada tahun 2018,  penghargaan Invesment Awards nominasi penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu PTSP Kabupaten terbaik tahun 2018 dari Kepala Badan Penanaman Modal Republik Indonesia
penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat tahun 2019, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI, memberikan penghargaan Swasti Saba kepada sejumlah Bupati dan Walikota di Indonesia dan beragam perestasi lainnya.

Selanjutnya, di tahun 2019, dengan semangat  dan konsep kebersamaan, Bupati H Sukiman, tetap konsisten dengan Moto Membangun Desa Menata Kota’ mewujudkan pengabdiannya kepada rakyat dengan membangun akses-akses produktifitas masyarakat desa seperti jalan, jembatan serta akses pelayanan pokok lainnya, sebab selama ini, belum dibangun secara optiomal.

Dari kepiawaian yang dimiliki Bupati H Sukiman serta sosok kepemimpinannya yang peka dengan kehidupan masyarakat ini, apalagi kontribusi positif dari Ketua PKK Rohul Hj Peni Herawati yang dinilai sangat peduli dengan kesehatan masyarakat, khususnya yang kurang beruntung yang ekonominya sederhana, tetap konsisten berbuat, bekerja, mengabdi dan berkarya,  semuanya itu dipersembahkan untuk rakyat.

Dampak dari semua itu, muncul decak kagum dan apresiasi dari masyarakat  kepada Bupati H Sukiman, karena keberpihakan kepada masyarakat desa dan masyarakat pinggiran, tapi baginya itu semua belum  memuaskan dirinya, baginya itu hanya bentuk pengabdian dan kecintaaan kepada rakyat Rohul.

Di tahun 2019 lalu, di bawah kepemimpinan Bupati H Sukiman, Pemkab Rohul, berhasil menorehkan berbagai perestasi yakni   penghargaan tulus ikhlas atas partisipasi dan dukungan terhadap pelaksanaan peringatan Hari Pers Nasional 2019 tingkat provinsi Riau, Penghargaan dari Kementerian Agraria dan tata ruang Badan Pertanahan Nasional provinsi Riau tahun 2019, penghargaan penetapan dan penegasan batas desa terbaik tingkat nasional tahun 2019 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia,  Penetapan karya budaya benda Indonesia berupa karya tari  dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Seterusnya, Anugerah Penghargaan Pangripta terbaik II tingkat Provinsi Riau itu, terkait konsisten dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan tahun 2018 lalu dari Gubernur Riau H Syamsuar Tahun 2019, Penghargaan Swasti Saba Padapa, kota sehat tahun 2019, piagam penghargaan dari Gubernur Riau, atas ditetapkannya Masjid Agung Islamic Center (MAIC) Rohul sebagai Destinasi Wisata Halal Nomor I   Favorit dalam ajang Pesona Destinasi Riau 2019, Piagam penghargaan atas prestasinya dalam pencapaian ‘’Kapabilitas APIP Level 3 Penuh” dari Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah,  penghargaan Komisi Informasi Award 2019 dari Komisi Informasi Provinsi (KIP) Riau Tahun 2019 lalu,  piagam dengan predikat terkendali (Nilai A) dalam pengutamaan Bahasa Negara pada Ruang Publik periode 2019 dan lainnya.

Dari perjalanan pengabdiannya itu, terhadap rakyat serta ketulusannya, Bupati H Sukiman, kepada Negeri Seribu Suluk, semoga Allah SWT memberikan kesehatan serta kekuatan baginya untuk memakmurkan dan mensejahterakan rakyat Rohul untuk di masa-masa mendatang.

Keterangan Gambar: 16 tahun lalu, Pilkada langsung 2006, Drs H Akhmad MS bersama Istri Hi Magdalisni, H Sukiman di dampingi Istri Hj Peni Herawati, turut hadir Dt Hardizon, SSI, APt, MP ketika sedang berorasi saat itu.
Keterangan Gambar: 16 tahun lalu, Pilkada langsung 2006, Drs H Akhmad MS bersama Istri Hi Magdalisni, H Sukiman di dampingi Istri Hj Peni Herawati, turut hadir Dt Hardizon, SSI, APt, MP ketika sedang berorasi saat itu.

Kemudian, Aktifis Rohul Dt Hardizon Said, menerangkan  pengabdian  H Sukiman di Kabupaten Rohul, sudah bertungkus lumus  (Berkarat) abdinya terhadap rakyat dan negeri, bahkan beliau pernah menjadi Ketua Partai Demokrat Rohul, kini menjadi Ketua Partai Gerindra Rohul.

“Jadi kalau ada statement yang memberikan opini tentang H Sukiman, tidak berbakti kepada Rokan Hulu ini,  mungkin itu hanya tendesius atau bisa saja kepentingan pribadi mungkin juga golongan,” tegas Dt Hardizon Said, SSi APt, MP.

Pasir Pangaraian, 29 Maret 2020
Catatan: Endar Rambe, S Sos (Mantan Pimpinan Tabloid Suara Kampus UIN Imam Bonjol Padang, Pengarah:  Dt Hardizon, SSI, Apt, MP,  (Komisaris Utama, Kritikrohulnews) Editing:  Armen Nst, SH (Kabiro Riau Madani)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed