by

Secara Akumulatif 7 PDP  Dan Terinfeksi 1 Orang, Butuh Partisipasi Aktif Elemen Masyarakat Cegah Covid-19

Keterangan Gambar:  Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Juru Bicara Covid 19)  Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs Yusmar Yusuf, MSi
Keterangan Gambar: Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Juru Bicara Covid 19)  Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs Yusmar Yusuf, MSi

ROKAN HULU-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Juru Bicara Covid 19)  Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Drs Yusmar Yusuf, MSi, Kamis  (9/4/2020) 15. 58 Wib, secara akumulatif Pasien Dalam Pengawasan (PDP)  berjumlah 7 orang dan  pasien Terinfeksi status Positif, 1 orang.

Sementara, Orang Dalam  Pemantauan (ODP) Warga yang  kembali dari luar Rohul  atau warga lainnya datang  ke Rohul  dari daerah  yang   sudah terinveksi Covid 19.

Jumlah semua ODP  sebanyak 2.580 orang, dengan status  masih  pamantauan sebanyak 1.593 orang, selesai Pemantauan selesai sebanyak 987 Orang.

“Catatan  kita sebanyak 1.593,  ODP 61.7%  ODP masih pemantauan,  987 (38%) status ODP menjadi eks ODP,  selesai pemantauan artinya (Status telah aman),” katanya.

Kemudian, Pasien dalam pengawasan (PDP) sampai dengan (9 April 2020)  Jumlah PDP di Rohul, secara kumulatif tetap berjumlah 7 orang dan hanya 5 orang masih dalam rawatan (Isolasi) dengan rincian, isolasi di RSUD sebanyak 3 orang, isolasi mandiri sejumlah 2 orang.

Sementara  2  orang dengan hasil uji negatif dan dinyatakan sudah sembuh dan telah kembali ke keluarga masing-masing.

Adapun kondisi pasien  yang masih dalam perawatan, kondisi baik, keluhan batuk dan sesak mulai berkurang, menunggu hasil swab dari Litbangkes Pusat.

Sedangkan, status positif  (Terinfeksi) status Positif, 1 orang berdasarkan keterangan Tim Medis, Direktur RSUD Rohul Dr Novil, untuk Pasien positif Covid 19.

Keadaan umum makin baik sudah bisa tidur telentang dengan makin kurangnya sesak dan nanti  hari ke 14 akan dilaksanakan swab ulang.

Tim  Gugus Tugas  Covid-19, sambungnya, bekerja sesuai tugas dan fungsi sesuai SK  Bupati,  Camat beserta Koramil dan Kaplosek serta unsur dan elemen kecamatan, sampai ke Desa, dengan aparat kepolisian, TNI, BPD, RW dan RT, tokoh agama, adat dan pemuda, mahasiswa.

“Kemudian kaum perempuan dan simpatisan lainnya, semakin waspada dan partisipatif memantau warga yang datang atau warga yang baru di tempat masing-masing,” paparnya.

Lebih khusus lagi, ungkap Yusmar Yusuf, di daerah perbatasan, melaksanakan pemeriksaan suhu warga yang masuk ke wilayah Rohul

Informasi tersebut, sesuatu rekap surveilens penanganan Covid 19 Corona RSUD, Dinas Kesehatan Kabupaten Rohul, berasal dari laporan  Kepala Puskesmas se-Kabupaten Rohul  dari  data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa.

(PR/Kominfo)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed