by

PKM Pembina Ormawa FISH Unesa Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

SURABAYA – Dalam melihat situasi pandemi Covid-19 ini, Pembina Organisasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (FISH UNESA) memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

Bantuan ini didistribusikan melalui Unesa Crisis Center (UCC), berupa bahan kebutuhan pokok yang terdiri dari: beras; mie instan; susu; minyak goreng; gula; biskuit, dan kecap manis.

Pemberian bantuan ini merupakan inisiatif dan telah difasilitasi oleh Universitas Negeri Surabaya melalui UCC. Dalam serah terima bantuan ini, dihadiri oleh seluruh anggota tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FISH UNESA.

Salah satu pembina Ormawa Unesa, Elisabeth Septin Puspoayu menyatakan bahwa, adanya bantuan yang diberikan kepada masyarakat khususnya wilayah Surabaya, Gresik dan Sidoarjo merupakan salah satu bentuk pelaksanaan dari Tri Dharma perguruan tinggi kepada masyarakat yang sedang tertimpa musibah pandemi Covid-19 ini.

“Pemberian bantuan berupa sembako ini diharapkan dapat meringankan kebutuhan masyarakat, melihat keterbatasan ruang gerak masyaratkan dengan adanya kebijakan PSBB; maupun karena banyaknya bidang usaha yang merumahkan para pekerja.

Sehingga, hal inilah yang menjadi fokus para dosen pembina Ormawa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum,” ujar Ayu, sapaan akrabnya, yang juga merupakan Dosen Jurusan Hukum Unesa pada keterangan tertulisnya. Minggu, (31/5/2002).

Penyerahan secara simbolik kepada UCC dilakukan pada Rabu 13 mei 2020, dan di distribusikan langsung oleh tim UCC ketiga wilayah tersebut dengan melalui tiga tahap.

Pada tahap pertama, diserahkan di wilayah sekitar kabupatan Gresik sebanyak 50 Paket sembako, penyerahan paket ini langsung diberikan kepada masyarakat.

“Pada tahap kedua, bantuan diberikan di wilayah kabupaten sidoarjo sebanyak 50 paket; dan kota Sidoarjo sebanyak 50 paket yang juga langsung diberikan kepada masyarakat yang terdampak,” tambah Ayu.

Tahap terakhir di berikan kepada masyrakat di wilayah kota Surabaya sebanyak 50 Paket. Bantuan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan kampus dan juga sebagai bentuk kepedulian lembaga kampus terhadap masyarakat yang terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PSBB di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik.

Wilayah persebaran bantuan yang diberikan bermacam-macam. Menurut Dian Ayu, salah satu dosen pembina ormawa, menyatakan bahwa, saat penentuan wilayah pembagian sembako.

“Pembina Ormawa FISH Unesa berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk menyisir dan melihat wilayah persebaran masyarakat yang paling terdampak akibat adanya pandemi Covid-19 dan pemberlakukan PSBB di tiga wilayah ini,” ungkap Dian.

Hal ini dilakukan agar bantuan yang diberikan dan disalurkan melalui UCC ini dapat tepat sasaran. Menurut Dian Ayu, beberapa tempat yang disasar antara lain rumah-rumah masyarakat yang tergolong tidak mampu.

“Dan juga pesantren di wilayah desa dan masyarakat yang dirumahkan oleh bidang usaha yang ditekuni karena adanya pandemi covid-19 dan pemberlakuan PSBB di wilayah Surabaya, Sidoarjo dan Gresik,” terang Dian.

Para anggota tim PKM tidak hanya sekedar menyerahkan bantuan ke UCC namun beberapa anggota tim juga ikut turun saat penyerahan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah ini.

Melalui anggota tim yang mengikuti proses pembagian sembako, masyarakat megucapkan terimakasih kepada tim dan UCC, “terimakasih banyak bantuannya, pak. Karena dalam masa sulit ini masih banyak orang baik yang mau membantu” ucap salah seorang warga yang mendapatkan bantuan. (esp/ari)

Foto : Bantuan paket sembako anggota tim PKM FISH Unesa

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed